Share

Mukbang Bikin Lupa Diri, Salah Satu Bahayanya Bisa Sebabkan Diabetes!

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2022 05:00 WIB
$detail['images_title']
Mukbang bikin lupa diri (Foto: Youtube)

MUKBANG alias mengonsumsi beranekan makanan lezat tanpa batas memang terasa mengasyikan dan bikin lupa diri. Sebab pelaku Mukbang bisa memuaskan hasratnya untuk makan sepuas-puasnya.

Namun sejatinya terdapat 5 bahaya mukbang yang bisa membahayakan kesehatan tanpa disadari.

 Mukbang

Mulanya Mukbang ini populer di Korea Selatan. Namun akhirnya banyak youtuber dari berbagai belahan dunia termasuk Tanah Air yang ikut-ikutan Mukbang.

Nah, meski terasa mengasyikkan berikut 5 bahaya mukbang. Apa saja?

1. Kembung dan Muntah

Umumnya, para pembuat konten mukbang sellau makan dalam porsi banyak. Hal ini memiliki beragam keluhan pada kesehatan. Salah satunya,perut kembung yang tidak nyaman di perut, hingga muntah seusai mukbang dilakukan.

 

2. Masalah Pencernaan

Tak hanya mengalami keluhan setelah makan, para pembuat konten mukbang juga kerap mengalami masalah pencernaan. Kondisi ini terjadi akibat konsumsi makanan secara berlebih. Makan secara berlebih mampu menyebabkan iritasi lambung, naiknya gula darah, hingga terganggunya metabolisme tubuh.

3. Obesitas

Obesitas dapat menjadi ancaman bagi para pembuat konten mukbang. Terutama bagi mereka yang tidak mengimbangi pola hidupnya dengan berolahraga.

Seperti yang diketahui, obesitas memiliki risiko mengundang beberapa penyakit lain antara lain stroke, serangan jantung, kolesterol, dan risiko penyakit degeneratif lainnya.

4. Serangan Jantung

Tak hanya diabetes, jika terus-menerus mengkonsumsi makanan secara berlebihan dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah. Penumpukan plak ini jika tak diatasi lama kelamaan dapat menyebabkan serangan jantung. Tak heran bila penyakit kardiovaskular satu ini juga kerap menjadi momok bagi para pembuat konten mukbang.

 BACA JUGA:Obesitas 35 Kg, Alasan Melly Goeslaw Operasi Bariatrik

5. Diabetes

Selain menyebabkan diabetes, mukbang juga dapat memicu diabetes jika terlalu banyak makan makanan mengandung gula dan makanan manis. Sebab makanan manis dapat membuat kadar insulin melonjak.

(DRM)