Share

6 Cara Menurunkan Suhu Tubuh karena Demam

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Senin 01 Agustus 2022 20:08 WIB
$detail['images_title']
Demam harus diturunkan suhu tubuhnya (Foto: Cleveland clinic health)

DEMAM bisa datang tiba-tiba, bahkan usai vaksin booster pun seseorang bisa mengalami demam. Saat demam, Anda mungkin mengonsumsi obat penurun panas, namun ada sejumlah cara lain yang bisa dicoba dulu.

Dilansir Besthealthmag, berikut adalah enam cara untuk menurunkan suhu panas tubuh akibat demam.

 minum

1. Minum air cukup

Saat Anda demam, pasti mudah mengalami dehidrasi. Minum 8 hingga 12 gelas air sehari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Tidak hanya air putih, jus jeruk dan jus buah lain yang kaya vitamin C juga mampu melawan infeksi, karena membantu membangun sistem kekebalan tubuh Anda.

2. Minum teh hangat

Perbanyak konsumsi minuman hangat saat suhu tubuh sedang panas. Pilih teh herbal yang bisa melegakan tenggorokan serta menghangatkan tubuh. Minuman ini setidaknya dapat membuka pori-pori tubuh Anda yang nantinya menyebabkan tubuh berkeringat.

3. Mandi air hangat

Meski tubuh panas, bukan berarti Anda tidak boleh mandi. Justru Anda disarankan untuk mandi air hangat supaya suhu tubuh jadi stabil hingga terasa dingin. Saat mandi otot-otot menjadi rileks dan aliran darah lebih lancar, sehingga demam cepat mereda.

4. Kompres dengan air dingin

Sangat umum sekali kalau tubuh sedang demam bisa diatasi dengan kompres dengan air dingin. Letakkan handuk basah yang dingin di sekitar dahi dan di belakang leher Anda. Lakukan cara ini sampai suhu tubuh stabil dan otot tidak tegang.

5. Konsumsi makanan pedas

Makan pedas tak hanya membangkitkan semangat makan, tapi juga meredakan demam bagi yang sakit. Cabai mengandung capsaicin, yakni zat yang bisa meningkatkan sirkulasi darah yang cepat. Setelah makan pedas, tubuh akan berkeringat dan suhu tubuh mulai stabil, sehingga membuat Anda nyaman.

 BACA JUGA: Anak Bunda Demam, Kenali Yuk Gejala DBD

6. Minum obat penurun panas

Jika minum air dan minum teh hangat tak kunjung meredakan demam, maka Anda bisa melakukan cara lainnya, yakni dengan minum obat penurun panas. Obat tersebut bisa dibeli di apotek maupun toko-toko biasa.

(DRM)