Share

Ada 5 Jenis, Hepatitis Tipe Ini yang Paling Banyak Dialami

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 01 Agustus 2022 06:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Freepik)

TEPAT pada 28 Juli setiap tahunnya, diperingati hari hepatitis sedunia. Salah satu tujuannya, untuk membuat masyarakat global semakin peduli akan penyakit hepatitis.

Secara medis, penyakit hepatitis sendiri seperti diungkap Dr. Muhammad Fajri Adda’I, hadir dengan berbagai macam atau tipe, tepatnya lima tipe yakni A,B, C,D, dan E. Masing-masing tipe memiliki tingkat keparahan yang berbeda antara satu sama lain.

"Hepatitis merupakan penyakit yang menginfeksi hepar (hati) ada banyak subnya A, B, C, D, E, tipe ini masing-masing memiliki tingkat keparahan dan konsep dampak yang berbeda," ujar Dr. Fajri kala dihubungi MNC Portal, belum lama ini.

Dari lima jenis yang ada, dokter Covid-19 dan educator kesehatan itu menyebut secara umum hepatitis tipe A lah yang paling banyak dialami.

“Secara umum hepatitis paling banyak dialami yaitu tipe A, gejalanya seperti menguning, muntah-muntah, sampai air seni berwarna seperti air teh,” imbuhnya.

Lantas bagaimana dengan media penularannya? Patut diingat, ternyata hepatitis jenis ini menular dari makanan loh!

"Hepatitis A itu disebabkan penularannya melalui makanan. Contohnya Outbreak hepatitis di warung, kampus atau disekolah, hepatitis yang bisa ditularkan melalui makanan," jelas Dr. Fajri lagi.

 BACA JUGA:Update Hepatitis Akut Indonesia : 11 Orang Meninggal Dunia

BACA JUGA:Studi Penelitian Inggris: Virus AAV2 Berperang Penting di Hepatitis Akut Misterius

Berbeda dengan hepatitis tipe B,C dan D yang penularan melalui cairan tubuh dan hubungan seksual. Keburukan tiga tipe ini juga disebut lebih parah, bisa menyebabkan penyakit kronis.

“Hepatitis B, C, D itu ditularkan melalui cairan tubuh, misalnya melalui darah atau aktivitas seksual, bisa ditularkan. Ini dampaknya jauh lebih seram tipe B, C, D yang sebabkan kronis," tandasnya.

(rpa)