Share

Apakah Kondom Bisa Melindungi Diri dari Cacar Monyet?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 29 Juli 2022 19:00 WIB
$detail['images_title']
Cacar monyet merebak di sejumlah negara (Foto: BBC)

SAAT ini cacar monyet jadi darurat kesehatan global. Para peneliti masih berjuang untuk mencari pengobatannya.

Menurut The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, saat ini para peneliti sedang menyelidiki apakah virus cacar monyet dapat disebarkan oleh seseorang melalui air mani, cairan vagina, dan kotoran.

 cacar monyet

CDC menjelaskan, memakai kondom dapat membantu, tetapi itu tidak akan melindungi dari penyebaran cacar monyet. Namun, lembaga tersebut tetap menekankan bahwa kondom dapat mencegah infeksi menular seksual lainnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menjelaskan, guna mengurangi penyebaran cacar monyet pria yang berhubungan seks dengan pria (gay) sebaiknya mengurangi pasangan seks.

"Mengurangi jumlah pasangan seksual Anda dapat mengurangi risiko Anda," tulis salah satu selebaran WHO.

 BACA JUGA:Amerika Laporkan Kasus Cacar Monyet Pertama pada Ibu Hamil

"Bagaimana saya bisa melindungi diri saya sendiri?" kata pesan selebaran WHO yang lain.

Follow Berita Okezone di Google News

"Untuk terkena cacar monyet, Anda memerlukan kontak kulit-ke-kulit, termasuk saat berhubungan seks, dengan seseorang yang mengidap cacar monyer atau barang-barang mereka yang terkontaminasi. Untuk mengurangi risiko tertular cacar monyet: lakukan seks yang lebih aman, jaga kebersihan tangan Anda,” bunyi pesan selebaran WHO.

"Ingat bahwa kontak fisik yang dekat, termasuk seks, dapat meningkatkan risiko Anda terpapar. Melakukan kontak seksual berkali-kali dan sering, termasuk dengan orang asiang alias one night stand dapat membuat Anda lebih berisiko terinfeksi cacar monyet. Untuk melindungi diri Anda, lakukan seks yang lebih aman," tulis selebaran WHO.

Pejabat kesehatan di AS juga menyarankan untuk mengurangi pasangan seks tetapi menggunakan bahasa yang lebih lembut.

1
2