Share

Gejala Stroke yang Sering Tidak Disadari Penderitanya

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 27 Juli 2022 21:02 WIB
$detail['images_title']
Gejala stroke yang tak disadari penderita (Foto: Watauga hearing)

STROKE tak hanya menyerang orang tua saja. Namun kini stroke juga menyerang anak muda. Stroke merupakan sebuah kondisi yang disebabkan kurangnya pasokan darah ke otak akibat penyumbatan (stroke iskemik), atau bisa juga karena pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik).

Jika otak tidak mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi yang cukup, sebagian sel-sel yang ada otak akan mati.

 masih muda kena stroke

Kondisi inilah yang kemudian dikenal dengan istilah stroke, di mana bagian tubuh yang dikendalikan oleh area otak yang rusak tidak dapat berfungsi dengan baik.

Gejala stroke sendiri sebetulnya terbagi menjadi beberapa kategori. Salah satunya adalah stroke ringan atau transient ischemic attack (TIA). Tanda dan gejala stroke ini sama seperti dengan stroke lainnya, namun terjadi lebih cepat.

Jika ditilik dari beberapa pengalaman pasien stroke, durasi serangannya bisa berlangsung antara beberapa menit hingga beberapa jam.

Saking cepatnya, seseorang terkadang tidak menyadari bahwa mereka baru saja terkena serangan stroke. Contoh kecilnya, seseorang tiba-tiba mengalami kesulitan berbicara atau bergerak selama beberapa menit sebelum akhirnya organ mereka berfungsi kembali.

Jika Anda atau kerabat Anda tiba-tiba kesulitan berbicara selama beberapa menit, maka sebaiknya dilarikan ke rumah sakit. Ini perlu dilakukan untuk memberikan perawatan dari serangan stroke agar bisa lebih cepat disembuhkan dan tak berakibat fatal.

 BACA JUGA:Sering Langsung Tidur Sehabis Makan, Awas Bangun-Bangun Kena Stroke

Seperti dilansir dari Everyday Health, penting bagi siapapun untuk menjaga berat badan ideal dan tekanan darah agar tak kena hipertensi. Sebab hipertensi bisa memicu stroke.

(DRM)