Share

3 Cara untuk Mengobati Cantengan yang Sudah Bengkak

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 27 Juli 2022 19:01 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Kuku Kaki Cantengan. (Foto: Shutterstock)

CEDERA pada kuku kaki akibat tersandung, terbentur atau tertimpa barang berat bisa membuat bentuk kuku seseorang melengkung atau bergelombang. Akibatnya, kuku kaki akan tubuh tidak normal dan bisa menyebabkan cantengan.

Cantengan menyebabkan kuku kaki untuk tumbuh ke dalam, sehingga dapat mengiritasi kulit, sehingga menimbulkan rasa sakit, bengkak, kemerahan, serta nyeri di sekitar area yang mengalaminya. Jika terus dibiarkan, kuku kaki yang tumbuh dapat merobek kulit sehingga rentan terkena bakteri.

Mengobati cantengan di kaki, bisa dengan beberapa cara. Oleh karena itu, cantengan bisa menimbulkan rasa nyeri akibat adanya infeksi dan terjadi pembengkakan.

Cantengan

Melansir dari laman Hallodoc, ada beberapa cara yang bisa mengobati cantengan yang sudah bengkak. Simak ulasannya berikut ini

Rendam Kaki ke Dalam Air Hangat

Rendam kaki yang cantengan ke dalam air hangat yang dicampur dengan garam Epsom selama 20 menit. Cara ini dipercaya bisa mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan yang terjadi. Lakukan sebanyak 3–4 kali sehari hingga cantengan mulai membaik.

Gunakan Antibiotik

Selanjutnya, gunakan cairan antibiotik pada bagian yang mengalami cantengan. Caranya, pertama bersihkan terlebih dahulu kaki yang terdapat cantengan. Kemudian keringkan lalu oleskan antibiotik sebanyak tiga kali per hari.

Pengangkatan Cantengan (Operasi)

Jika semua cara mengobati cantengan telah dilakukan secara mandiri di rumah, namun tidak membuat cantengan pulih. Disarankan untuk melakukan pengangkatan cantengan atau operasi ringan. Ini menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi cantengan.

Setelah cantengan hilang, yang perlu diperhatikan adalah mencegah agar kejadian serupa terjadi kedua kalinya. Caranya dengan selalu menjaga kebersihan kuku agar terhindar dari berbagai infeksi.

1
2