Share

Jepang Laporkan Kasus Pertama Cacar Monyet, Pasien Disebut Pernah ke Eropa

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 26 Juli 2022 13:41 WIB
$detail['images_title']
Dirjen Penyakit Menular Kemenkes Jepang, (Foto: Reuters)

PASKA mencetak rekor tertinggi dalam sejarah Jepang, untuk angka kasus harian positif Covid-19 baru-baru ini. Pemerintah dan masyarakat Jepang kembali dipusingkan dengan wabah cacar monyet yang sudah masuk ke negaranya.

Ya, lewat konferensi pers di Tokyo pada 25 Juli lalu, Kementerian Kesehatan Jepang, disampaikan Direktur Jenderal Divisi Penyakit Menular Tuberkulosis Kementerian Kesehatan Jepang, Masanori Imagawa, Jepang mengonfirmasi kasus infeksi cacar monyet pertamanya.

Pejabat setempat, Yuriko Koike menyebutkan pasien cacar monyet pertama di Jepang ini adalah pria berusia 30 tahun dengan riwayat perjalanan baru tiba dari Eropa.

“Pasien memiliki gejala ruam-ruam, demam, sakit kepala dan kelelahan. Tapi saat ini, ia sudah dalam kondisi stabil dan dirawat di rumah sakit,” ujar Yuriko, dikutip dari Reuters, Selasa (26/7/2022).

Lebih lanjut diungkapkan, pasien merupakan warga Tokyo yang melakukan perjalanan ke Eropa pada akhir Juni dan melakukan kontak erat dengan seseorang yang kemudian dikonfirmasi positif cacar monyet.

Sebelum akhirnya kembali ke Jepang pada pertengahan Juli 2022. Pejabat otoritas kesehatan setempat, diketahui tidak merinci detail kontak erat pasien dan menolak menyebutkan kewarganegaraan penduduk Tokyo tersebut.

Sebagai informasi, Badan Kesehatan Dunia (WHO) diketahui sudah menetapkan wabah cacar monyet sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat yang patut menjadi perhatian dunia. Sejauh ini sudah ada lebih dari 17 ribu kasus caca monyet terkonfirmasi di lebih dari 75 negara di dunia, dengan 5 kasus kematian di Afrika.

 BACA JUGA:Menkes Budi: Ada 9 Kasus Suspek Cacar Monyet di Indonesia

BACA JUGA:Warning! Ahli Epidemiologi: Gay Hobi Gonta-Ganti Pasangan Berisiko Tinggi Kena Cacar Monyet

Follow Berita Okezone di Google News

(rpa)