Share

Menkes Budi: Ada 9 Kasus Suspek Cacar Monyet di Indonesia

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 26 Juli 2022 13:16 WIB
$detail['images_title']
Menkes Budi, (Foto: MPI/Sukardi)

WABAH cacar monyet kemungkinan sudah masuk juga ke Indonesia, hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin.

Menkes Budi, per hari ini resmi melaporkan setidaknya ada sembilan kasus suspek cacar monyet di Indonesia.

"Soal kasus cacar monyet di Indonesia, sudah ada suspeknya sekitar 9 kasus tersebar di Indonesia," kata Menkes Budi saat ditemui MNC Portal di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (26/7/2022).

Namun, setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, kata Menkes Budi, kesembilan kasus tersebut tidak positif cacar monyet.

"Tapi, saat kami tes lebih lanjut, semua hasilnya negatif cacar monyet," tambahnya.

Meski demikian, sayangnya Menkes Budi tidak menjelaskan lebih lanjut penyakit apa yang sebetulnya dialami oleh kesembilan pasien kasus suspek tersebut.

Menurut penjelasan Menkes Budi, ada kecenderungan penyakit cacar monyet ini menyebar lebih banyak pada pria yang berhubungan seks dengan pria. Merujuk dari data beberapa negara yang memperlihatkan kasus cacar monyet, banyak ditemukan di kalangan pria gay.

Maka dari itu, saat ini Kementerian Kesehatan sudah mulai bergerak untuk melakukan edukasi dan pendekatan kepada lembaga LGBTQ di Indonesia. Ini dilakukan agar lembaga terkait melakukan pengawasan yang lebih ketat.

"Kami sudah melakukan pendekatan ke lembaga atau organisasi yang mengelola kelompok ini untuk bisa melakukan surveilans secara aktif," tandas Menkes Budi.

 BACA JUGA:Dinilai Berisiko Besar, Singapura Tolak Vaksinasi Massal Cacar Monyet

BACA JUGA:IDI Sarankan Tidak Berhubungan Seks dengan Penderita Cacar Monyet

(rpa)