Share

Radang Tenggorokan, Coba Obati dengan 4 Cara Ini Sebelum ke Dokter

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Senin 25 Juli 2022 20:07 WIB
$detail['images_title']
Radang tenggorokan tak nyaman (Foto: Shutterstock)

RADANG tenggorokan merupakan salah satu penyakit yang sering dialami pada masa pandemi. Gejalanya antara lain tenggorokan terasa panas dan ada yang mengganjal, kemudian terasa sakit saat menelan air minum atau makanan.

Biasanya, penyakit radang tenggorokan muncul karena seseorang terlalu banyak mengonsumsi es saat cuaca panas, atau makan es krim pada tengan malam.

Dikutip dari Boldsky berikut ini 4 cara sederhana mengobati radang tenggorkan sebelum ke dokter.

 kumur air garam

1. Berkumur air garam

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara yang dapat meringankan sakit tenggorokan. Sejumlah hasil penelitian menyebutkan bahwa berkumur air garam dapat mengurangi bengkak di tenggorokan dan mencairkan lendir. Selain itu, air garam juga membunuh bakteri penyebab iritasi.

Caranya, campurkan satu sendok teh air garam dengan secangkir air hangat, aduk hingga larut. Pakai ramuan itu untuk berkumur. Jika tidak kuat dengan rasa asinnya, Anda bisa menambahkan sedikit

2. Hindari makan buah-buahan yang asam

Banyak orang menganggap buah yang asam seperti jeruk dan apel merupakan obat terbaik untuk mengobati sakit tenggorokan. Padahal, kenyataannya rasa asam pada buah malah bisa memperburuk kondisi. Jadi, sebaiknya hindari makan buah yang asam.

3. Banyak istirahat

Cara agar cepat sembuh dari radang tenggorokan adalah istirahat untuk meningkatkan energi dan imunitas tubuh. Jauhi begadang dan banyak nongkrong.

Pastikan tubuh benar-benar beristirahat dari segala macam aktivitas yang melelahkan. Cobalah untuk tidur seharian di rumah agar kondisi segera pulih.

 BACA JUGA:3 Teh Herbal yang Ampuh Jadi Obat Radang Tenggorokan

4. Minum obat radang

Minum obat radang tenggorokan yang dijual di apotek. Obat radang ini biasanya berbentuk tablet isap dan rasanya agak manis. Biasanya obat itu mengandung kombinasi dua antibiotik, yaitu fradiomycin sulfate 2,5 mg dan gramicidin-S HCl 1,0 mg.

Antibiotik ini fungsinya guna menghentikan pertumbuhan dan perkembangan bakteri, seperti Staphylococcus atau Streptococcus, penyebab radang tenggorokan.

Jika belum sembuh juga dan makin sakit, maka segera pergi ke dokter ya!

(DRM)