Share

WHO Akhirnya Deklarasikan Cacar Monyet Jadi Darurat Kesehatan Global

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 25 Juli 2022 11:20 WIB
$detail['images_title']
Dirjen WHO, Dr. Tedros (Foto: Reuters)

BADAN Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya mengambil keputusan baru terkait situasi wabah infeksi cacar monyet.

Direktur Jenderal WHO, General Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan secara resmi wabah cacar monyet saat ini menjadi keadaan darurat kesehatan global, atau public health emergency of international concern (PHEIC) karena penyakit cacar monyet ini terus menyebar dengat cepat, mengutip Reuters, Senin (25/7/2022).

Status PHEIC ini sendiri merupakan tingkat kewaspadaan tertinggi dari WHO, yang dibuat untuk memicu respon internasional yang terkoordinasi. Sehingga bisa membuka pendanaan kolaborasi, terkait aspek berbagi vaksin dan perawatan.

Deklarasi WHO ini keluar setelah pertemuan komite ahli yang kedua pekan lalu. Hasilnya, sembilan anggota komite menentang dan enam mendukung deklarasi tersebut.

Hingga akhirnya, Tedros sebagai Dirjen WHO memutuskan kalau wabah cacar monyet ini memang sudah sepatutnya dinyatakan sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

"Meskipun saya mendeklarasikan (cacar monyet) sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional, untuk saat ini wabah yang terkonsentrasi di antara pria yang berhubungan seks dengan pria. Terutama kelompok orang yang memiliki banyak pasangan seksual," kata Tedros saat konferensi pers di Jenewa.

(rpa)