Share

5 Cara Mudah Mencegah Sakit Maag, Dicoba Yuk!

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Sabtu 23 Juli 2022 11:59 WIB
$detail['images_title']
Mencegah sakit maag (Foto: Medical news today)

MEMANG sakit maag bisa mengganggu aktivitas siapa saja, karena sakit di perut yang tak tertahankan. Karena itu, Anda harus membuat langkah pencegahan agar terhindar dari sakit maag.

Tidak perlu berpikir panjang, kunci utamanya menerapkan gaya hidup sehat. Berikut 5 langkah mudah mencegah sakit maag yang dilansir The Healthsite.

cuci tangan 

1. Sering cuci tangan

Jika pulang kerja ingin langsung makan, jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan air sabun. Hal ini untuk menghindarkan penularan bakteri yang dapat menyebabkan masalah sakit perut, termasuk maag.

2. Cuci sayuran mentah

Selalu membiasakan diri menerapkan kebiasaan sehat, termasuk untuk makan. Selalu membiasakan mencuci sayuran mentah atau buah dengan air keran sebelum dikonsumsi agar terhindari dari sakit maag.

3. Hindari pengobatan sembarangan 

Sebagian besar obat penghilang rasa sakit, terutama mengandung aspirin dan NSAID diketahui dapat menyebabkan iritasi lambung. Untuk menangkal efek samping, minum obat penghilang rasa sakit hanya setelah makan. Selain itu, sering mengonsumsi dan memperpanjang antasida dapat menyebabkan radang perut. Karena itu, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat.

 BACA JUGA:4 Manfaat Baik Cincau, Ampuh untuk Atasi Maag Loh

4. Tidak minum alkohol

Minum alkohol tidak hanya memperlambat proses penyembuhan ketika menderita maag, tetapi juga kematian sel karena memicu dehidrasi. Sebaliknya, minum segelas air garam dapat menjadi obat alami sakit maag bagi penderita diabates, orangtua dan pasien hipertensi.

(DRM)