Share

Apa Benar Ekstrak Nanas Ampuh Obati Covid-19?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 21 Juli 2022 12:35 WIB
$detail['images_title']
Ekstrak nanas disebut bisa obati Covid-19 (Foto: Drugexpert)

SAMPAI saat ini penyakit Covid-19 kepercayaan tentang obat Covid-19 masih simpang siur. Bahkan ada banyak orang percaya jika bahan-bahan herbal tertentu bisa digunakan untuk mengobati Covid-19.

Sempat beredar unggahan soal ekstrak nanas bisa mengobati corona. Bahkan, postingan tersebut mencatut nama Ilmuwan Profesor David Morris.

 ekstrak nanas

Selain itu, juga terdapat narasi klaim bahwa ekstrak buah nanas (Bromelain) dapat menjadi obat virus corona. Dalam narasinya postingan tersebut juga mencatut seorang ilmuwan dari Australia mengatakan bormelain (ekstrak nanas) dapat melarutkan protein untuk mengobati virus corona.

Ilmuwan yang disebut dalam unggahan soal ekstrak nanas bisa mengobati corona itu adalah Profesor David Morris.

Kepada AFP, Morris membantah unggahan yang beredar. Ia menegaskan minum nanas tidak akan menyembuhkan seseorang dari penyakit corona. Pihaknya tidak pernah menganjurkan untuk minum nanas.

“Kami mempelajari efek bromelain, yang berasal dari batang tanaman nanas bersama dengan asetilsistein. Obat kombinasi, kami menyebut kombinasi tersebut sebagai BromAc,” ujar Morris kepada AfP.

 BACA JUGA:Menurunkan Kolesterol dengan Nanas, Manjurkah?

"Tidak ada agen (bromelain saja atau asetilsistein) yang efektif sendiri untuk mengobati Cobid-19," tegasnya. Jadi bisa disimpulkan kalau postingan itu hanyalah hoax.

(DRM)