Share

Berapa Jumlah Air Mineral yang Perlu Diminum untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi?

Putra Syah Norens, Jurnalis · Jum'at 22 Juli 2022 08:00 WIB
$detail['images_title']
hipertensi, (Foto: Timesofindia)

ANJURAN tips hidup sehat, salah satunya ‘minum air yang banyak’ sudah sangat sering kita dengar. Asupan air mineral sehari-hari, nyatanya memang sangat berperan vital pada kesehatan tubuh seseorang secara menyeluruh.

Termasuk bagi orang yang mengidap hipertensi, atau tekanan darah tinggi. Asupan air mineral sangat penting bagi orang-orang dengan hipertensi yang memang memiliki risiko terkena berbagai penyakit. Mulai dari stroke, penyakit ginjal hingga gagal jantung.

Lantas, berapa banyak air mineral yang harus dikonsumsi dalam satu hari agar membantu menurunkan tekanan darah? Disebut Dr. Monika Wassermann, M.D, ia merekomendasikan untuk minum delapan gelas air mineral atau setara dengan 250 ml setiap harinya, dikutip dari Timesofindia, Jumat (22/7/2022).

Asupan air mineral yang diminum, dijelaskan lebih lanjut bisa membantu detoksifikasi darah dengan menghilangkan racun dan limbah. Tidak hanya itu, termasuk juga mendetoksifikasi kelebihan natrium yang meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

 


(Foto: Timesofindia)

Lalu apakah hanya air mineral yang bisa dikonsumsi penderita darah tinggi? Tenang, ternyata minum jus buah cranberi juga diyakini bisa membantu mengatasi tekanan darah tinggi.

Sebab, jus cranberi mengandung vitamin c sebagai agen antioksidan, yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan stres oksidatif dari radikal bebas, sehingga bisa bekerja membunuh bakteri berbahaya.

“Antioksidan membantu memerangi peradangan, meningkatkan aliran darah dan mengendurkan pembuluh darah. Semua ini memiliki efek positif pada tingkat tekanan darah kita,” tandas Dr. Monika.

 BACA JUGA:Segini Anjuran Garam yang Aman dari WHO agar Tak Kena Hipertensi

BACA JUGA:Jadi Penyakit Paling Banyak Dialami Jamaah Haji Indonesia, Ini 5 Makanan yang Ampuh Turunkan Hipertensi

1
2