Share

4 Rekomendasi Jenis Olahraga yang Cocok untuk Orang Supersibuk

Tim Litbang MPI, Jurnalis · Jum'at 22 Juli 2022 07:07 WIB
$detail['images_title']
Jogging santai, (Foto: Freepik)

AKTIVITAS yang padat sehari-hari, kerap jadi alasan banyak orang untuk melewatkan olahraga. Padahal, seseorang akan mudah sakit dan kurang produktif bila tidak melakukan aktivitas fisik.

Meski sibuk, setiap orang idealnya tetap harus rutin berolahraga. Nah, bagi Anda yang punya jadwal aktivitas sangat padat dan begitu sibuk sehari-hari. Ada kok, beberapa jenis olahraga yang cocok bagi orang supersibuk seperti Anda. Merangkum berbagai sumber, Jumat (22/7/2022) berikut ulasan singkat lima jenis olahraga yang pas untuk Anda si supersibuk.

1. Jalan kaki: Jenis olahraga yang paling sederhana dan mudah dilakukan bagi orang yang super sibuk. Durasi jalan kaki yang bisa dilakukan adalah 30 menit dengan jeda setiap 10 menit sekali. Sesekali bisa jalan cepat dan joging santai. Berbagai manfaat yang didapat usai rutin berjalan kaki, menurunkan risiko terkena strok, memperkecil peluang terkena serangan jantung, menjaga berat badan, dan menguatkan sendi serta tulang.

2. Jumping jack: Gerakan merentangkan tangan ke atas dengan posisi kaki tertutup dan melompat sembari memindahkan tangan ke atas kepala dan posisi kedua kaki terbuka lebar. Anda bisa melakukan gerakan ini secara berulang kali selama kurang lebih 45 detik. Mengutip Insider, jumping jack baik untuk memperkuat kardiovaskular, meningkatkan kesehatan jantung dan memperkuat tulang. Ketika lompatan dilakukan, maka tubuh bekerja melawan gravitasi. Otomatis berat badanlah yang menjadi tumpuan untuk bertahan. Hal ini yang kemudian akan membuat tubuh bugar dan meningkatkan kualitas kardiovaskular.

3. Squat: Hanya dengan melakukannya sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu dengan jumlah 150 kali skuat, Anda bisa mendapatkan bentuk tubuh ideal dan tentunya kondisi tubuh bugar. Squat sendiri merupakan salah satu bentuk olahraga sangat sederhana dengan cara membuka kaki selebar bahu dan tubuh diposisikan seolah-olah sedang duduk di kursi. Sudut yang harus dibentuk diusahakan mencapai 90 derajat. Gerakan mudah ini mempunyai banyak manfaat jika dilakukan secara rutin. Membentuk otot, membakar lemak, menyehatkan sistem pencernaan tubuh, dan memperbaiki postur.

4. Senam peregangan: Jenis olahraga lain yang bahkan bisa dilakukan di kantor. Mengutip laman Dinas Kesehatan Batam, olahraga ini bermanfaat untuk memperbaiki posisi tubuh dan tetap menjaga kebugaran badan selama jam-jam sibuk. Peregangan yang dilakukan misalnya, mendorong tangan ke depan, mendorong tangan ke atas, dan menyilangkan badan serta menarik lutut ke arah berlawanan.

 BACA JUGA:3 Olahraga Ini Pantang Dilakukan saat Haid

BACA JUGA: 4 Olahraga yang Cocok untuk Mencegah Serangan Jantung, Apa Saja?

1
2