Share

Kista di Batang Otak seperti Dialami Sarwendah Bisa Berbahaya jika 6 Gejala Ini Muncul

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 21 Juli 2022 10:32 WIB
$detail['images_title']
Sarwendah (Foto: Instagram Sarwendah)

KISTA di batang otak seperti yang diidap Sarwendah, istri Ruben Onsu, kebanyakan bersifat jinak. Itu juga artinya kista tidak menyebar ke organ lain dan cenderung tidak berbahaya.

Tapi, keberadaan kista di batang otak bukan sesuatu yang bisa dianggap sepele atau bahkan dibiarkan begitu saja. Sebab, pada beberapa kasus keberadaan kista di batang otak bisa menekan jaringan otak dan ini menyebabkan beberapa gejala seperti sakit kepala, masalah penglihatan, ataupun rasa mual yang berlebih.

Sakit Kepala

Kondisi bisa semakin serius jika gejala bertambah berat dan muncul gejala lainnya. Anda perlu menghubungi dokter jika gejala-gejala ini mulai terjadi:

1. Sakit punggung dan kaki

2. Masalah pendengaran dan penglihatan semakin serius

3. Mual dan muntah yang susah dikendalikan

4. Masalah dengan keseimbangan dan berjalan

5. Mati rasa dan kesemutan di lengan atau kaki

6. Sering vertigo atau pusing

Kalau gejala-gejala tersebut menetap dan membuat seseorang susah beraktivitas, tim medis biasanya menyarankan untuk mengangkat kista tersebut dengan proses pembedahan.

BACA JUGA : Ada Kista di Batang Otak Sarwendah, Apa Gejalanya?

Pemeriksaan medis secara intens diperlukan untuk mengenali dan mengatasi masalah ini. Dijelaskan laman UC Health, ada dua tes yang perlu dilakukan penderita untuk menekan keparahan.

BACA JUGA : Tumbuh Kista di Batang Otak Sarwendah, Baca Ini Agar Paham!

Pertama tes CT-scan yang mana itu merupakan tes pencitraan menggunakan sinar-X dan komputer untuk membuat gambar detail tubuh. Pemindaian dapat dilakukan pada otak dan sumsum tulang belakang.

Tes berikutnya yang tidak kalah penting untuk mendiagnosis Anda adalah MRI. Tes ini menggunakan magnet besar dan komputer untuk membuat gambar tubuh. Pemindaian MRI otak dan sumsum tulang belakang dapat dilakukan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kista dan jaringan di sekitar otak.

(hel)