Share

Termasuk Pare, Ini 5 Jus yang Ampuh Turunkan Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 21 Juli 2022 07:30 WIB
$detail['images_title']
Jus pare bantu turunkan gula darah (Foto: Timesofindia)

GULA darah sejatinya normal jika mengalami naik atau turun. Tapi, kondisi itu tidak baik bagi penderita diabetes. Kenaikan gula darah bisa membahayakan, bahkan mengancam nyawa.

Nah, agar gula darah terkendali penderita diabetes harus membatasi betul asupan gula atau bisa dibantu dengan rutin mengonsumsi 5 jus buah ini. Kelima minuman ini dianggap bisa membantu mengontrol gula darah.

Dilansir dari laman Eco Friendly Link, Kamis (21/7/2022), berikut 5 jus buah yang dipercaya bisa mengontrol gula darah:

1. Jus delima

Jus Delima

Meski jus delima rasanya manis, tapi gula dalam buah ini tidak meningkatkan kadar gula darah. Jus buah delima juga kaya akan antioksidan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda.

BACA JUGA : Ilmuwan Jelaskan Segudang Manfaat Buah Delima, Sesuai dengan Alquran

2. Jus hijau

Jus hijau ini bisa diartikan sebagai jus sayuran. Bukan hal yang aneh tentunya di zaman sekarang, karena semakin banyak merek minuman sehat yang menawarkan jus hijau ini.

Sayuran apa saja yang dipakai untuk membuat jus hijau yang ramah diabetes? Dikatakan di laman tersebut, sayuran itu antara lain bayam hingga kangkung. Agar rasanya lebih enak, Anda bisa tambahkan mentimun dan seledri ke dalam blender. Tambahkan sedikit perasan jeruk lemon untuk memberi rasa asam.

4. Jus jeruk

Jus jeruk yang dimaksud di sini bukan jus jeruk yang bisa Anda beli di supermarket, melainkan jus jeruk segar yang Anda buat sendiri. Peras sejumlah jeruk lalu larutkan perasan jeruk tersebut di dalam es batu. Jus jeruk segar siap diminum.

4. Jus tomat segar

Jus Tomat

Jus tomat segar pun dipercaya dapat menurunkan gula darah. Minum segelas jus tomat segar setiap hari terbukti mengurangi risiko masalah kardiovaskular. Ingat, jangan pakai pemanis berlebihan, ya.

5. Jus pare

Jangan kaget, karena pare memang dipercaya baik untuk menurunkan gula darah. Jus pare terbukti menurunkan kadar glukosa darah.

"Karena rasanya yang pahit, Anda tidak disarankan membuat jus pare lebih dari 2 per hari," keterangan penting yang dicatat laporan tersebut.

Untuk membuat jus pare, Anda bisa langsung mencampurkan pare dengan apel atau buah segar lainnya seperti mentimun dan lemon.

1
2