Share

7 Cara Atasi Stres agar Cegah Asam Lambung Naik

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 21 Juli 2022 13:45 WIB
$detail['images_title']
stres picu asam lambung naik (Foto: Healthline)

SEJUMLAH penelitian dan survei telah menunjukkan, stres bisa menjadi pemicu asam lambung naik. Karenanya, penting mengetahui cara mengatasi stres agar asam lambung tidak naik. 

Kaitan di antara stres dan gangguan asam lambung ada di faktor gaya hidup. Studi yang dilakukan pada 2009, mengamati 40.000 orang Norwegia, didapatkan informasi bahwa orang yang stres terkait pekerjaan secara signifikan meningkatkan risiko gangguan asam lambung.

"Orang yang memiliki kepuasan kerja rendah dua kali lipat berisiko memiliki gangguan asam lambung, dibandingkan mereka yang puas dengan kerjanya," terang laporan tersebut, dikutip dari Healthline, Rabu (20/7/2022).

Karena saling berkaitan, Anda yang gampang stres harus bisa mengelola kondisi negatif tersebut. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi stres agar asam lambung tidak naik. Bagaimana?

1. Olahraga

Olahraga

Olahraga dipercaya dapat menurunkan stres. Olahraga mengendur otot-otot tegang, menjauhkan Anda dari masalah di pikiran, dan melepaskan hormon bahagia alami. Olahraga juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan yang berkaitan juga dengan mengurangi tekanan pada perut.

2. Hindari makanan pemicu

Ini sangat penting, jika Anda stres, Anda jadi lebih sensitif. Dalam kondisi tersebut, hindari makanan pemicu sakit perut seperti kafein, buah, atau jus buah yang rasanya asam.

3. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup bisa membantu diri Anda terhindar dari stres. Tidur terbukti sebagai pereda stres alami, bahkan tidur yang berkualitas bisa dicapai ketika Anda tidak stres.

4. Belajar teknik relaksasi

Jika Anda nyaman melakukan yoga atau meditasi, maka lakukan itu ketika stres Anda meningkat.

BACA JUGA : 9 Gejala Asam Lambung, Jangan Diabaikan Bestie!

BACA JUGA : 5 Makanan yang Aman bagi Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

5. Belajar berkata tidak!

Berkata tidak bukanlah suatu kesalahan. Prioritaskan diri Anda di atas segalanya adalah bentuk mencintai diri sendiri, tanpa menyakiti perasaan orang lain tentu saja.

"Tidak apa-apa untuk menolak hal-hal yang tidak begitu penting bagi Anda. Memprioritaskan diri Anda akan meminimalisir stres," kata laporan kesehatan tersebut.

6. Tertawa dan bahagialah

Jika stres muncul, lakukan hal yang membuat Anda bahagia. Jika menonton film atau series komedi bisa menurunkan stres, maka lakukanlah. Tertawalah dengan lantang karena itu bisa menurunkan level stres Anda.

7. Habiskan waktu dengan hewan peliharaan

Punya hewan peliharaan di rumah? Gunakan hewan peliharaan Anda untuk menurunkan kadar stres. Habiskan banyak waktu dengan si hewan tersebut dengan memanjakannya atau bermain-main bersama.

So, itu dia cara mengatasi stres agar asam lambung tidak naik. Bukan sesuatu yang sulit, tapi yang susah adalah mulai melakukannya. Ingat, semua keputusan ada di tangan Anda, jadi mau lepas dari stres dan tidak mengalami gangguan asam lambung atau berkutat dengan masalah tersebut tanpa solusi?

1
2