Share

Pemenuhan Gizi Ibu Hamil Langkah Penting Cegah Stunting

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 20 Juli 2022 18:32 WIB
$detail['images_title']
Cegah stunting dengan pemenuhan gizi (Foto: Timesofindia)

STUNTING adalah masalah kurang gizi kronis yang ditandai dengan tubuh pendek. Penderita stunting umumnya rentan terhadap penyakit, hingga memiliki tingkat kecerdasan di bawah normal serta produktivitas rendah.

Perusahaan kesehatan juga universitas khususnya Fakultas Kedokteran berinisiatif memerangi stunting. Mereka banyak melakukan edukasi, terutama ke para ibu hamil.

Ketua Tim Stunting Universitas YARSI, dr Yusnita, MKes, SpKKLP mengatakan, stunting dapat dicegah dan gangguannya tidak muncul lagi. Salah satunya, dengan mengonsumsi nutrisi yang tepat.

"Ibu hamil merupakan salah satu sasaran prioritas dalam program percepatan penurunan stunting dengan pendekatan keluarga."

"Seluruh anggota keluarga yang berisiko stunting mulai dari remaja puteri, pasangan baru menikah, ibu hamil, ibu menyusui, dan balita harus diintervensi," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Ibu Hamil

Dia menerangkan, pemberian susu pada ibu hamil dilakukan dalam upaya menaikkan berat badan, memenuhi kecukupan kebutuhan protein hewani, serta menurunkan anemia pada ibu hamil. Hal tersebut akhirnya mencegah anak lahir dengan stunting atau panjang badan sewaktu lahir di bawah 48 cm.

BACA JUGA : 4 Manfaat Vitamin B1 untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Bagi ibu hamil, disebutkan dr Yusnita, ada sejumlah indikator suksesnya program stunting ini. Yaitu kepatuhan meminum susu, peningkatan pengetahuan tentang stunting, menu gizi seimbang dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), serta adanya evaluasi terukur membandingkan indikator gizi ibu hamil sebelum dan setelah program.

BACA JUGA : IDAI Ingatkan Pentingnya Imunisasi untuk Hindari Bayi dari Stunting

Director of Quality, Sustainability, and Support Kalbe Nutritionals, Andy Chendra mengatakan, stunting perlu diintervensi dengan pemberian gizi terbaik. Khususnya bagi mereka ibu hamil hingga remaja.

"Nutrisi terbaik di setiap tahap kehidupan manusia penting, termasuk ibu hamil dan anak-anak. Kami dapat terus mendukung nutrisi terbaik dalam upaya penurunan stunting untuk bersama-sama sehatkan bangsa,” paparnya

Tak cukup edukasi, namun juga ibu hamil disarankan untuk minum susu setiap hari. Susu kaya nutrisi yang membantu menjaga gizi bumil dan menghindari stunting.

“Selain kegiatan berupa pemberian makanan tambahan berupa susu pada ibu hamil, kami juga akan melakukan edukasi tentang penurunan stunting,“ katanya lagi.

Perlu diketahui, dalam percepatan pemberantasan stunting ini tim edukasi Universitas YARSI melakukan intervensi gizi pada ibu hamil untuk percepatan penurunan stunting. Program kerja sama ini akan dilaksanakan di Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang Banten mulai Juli 2022 sampai dengan Desember 2022.

“Ini merupakan bentuk sinergi peran multipihak, baik pemerintah, akademisi, dunia usaha, dan dunia industri, dalam menyukseskan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia,“ ujar Rektor Unversitas YARSI, Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D.

1
2