Share

Bolehkah si Kecil Konsumsi Minuman Kemasan Dingin?

Syifa Fauziah, Jurnalis · Rabu 20 Juli 2022 16:00 WIB
$detail['images_title']
minuman dingin, (Foto: Freepik)

SETIAP orang tua tentu ingin memberikan semuanya yang terbaik, salah satu yang utama, asupan makanan dan minuman.

Ada masa ketika anak ingin mencoba sesuatu hal yang baru, misalnya minuman kemasan dingin. Sebagai orang tua, tentu rasanya ingin mengabulkan semua permintaan anak.

Namun, tak bisa ditampik, di sisi lain orang tua juga pasti khawatir. Apakah anak yang notabene masih kecil, aman dan diperbolehkan minum minuman kemasan yang bersuhu dingin?

Well, ternyata permintaan anak yang seperti ini sebetulnya tidak perlu dicemaskan loh Bund, seperti dijelaskan ahli gizi, Nuril Farah Dhiya, S.TR.GZ, jika anak sudah berusia lebih dari setahun, boleh-boleh saja mengonsumsi makanan atau minuman dingin.

“Bahkan untuk bayi di atas 6 bulan yang sudah dikenalkan makan atau minum selain ASI, jika sedang tumbuh gigi, dianjurkan pula menggigit atau mengunyah sesuatu yang dingin seperti buah untuk mengurangi nyerinya," kata Nuril, dikutip dari keterangan resminya, Rabu (20/7/2022).

Nuril mengingatkan, meski demikian orang tua tetap harus memperhatikan tekstur makanan atau minuman dingin yang akan diberikan, disesuaikan dengan kemampuan daya cerna bayi.

“Pada bayi 6 sampai 11 bulan, orang tua masih perlu mempertimbangkan penting atau tidaknya memberikan minuman atau makanan dingin,” sarannya.

Saat memilih produk makanan atau minuman dingin dalam kemasan untuk dinikmati anak, sebisa mungkin yang harus tanpa pemanis buatan atau pewarna berbahaya.

“Saat ini sudah banyak produk minuman kemasan yang menggunakan bahan-bahan berkualitas higienis, dan memiliki aneka rasa buah-buahan yang menyegarkan. Bisa juga membantu membangkitkan mood anak menjadi lebih baik,” tandasnya.

1
2