Share

Ada Kista di Batang Otak Sarwendah, Apa Gejalanya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 20 Juli 2022 13:22 WIB
$detail['images_title']
Sarwendah (Foto: Instagram Sarwendah)

RUBEN Onsu belum lama ini mengabarkan ke publik kalau ada kista di batang otak Sarwendah, istrinya. Kabar ini sontak bikin masyarakat kaget sekaligus penasaran seperti apa penyakit tersebut.

Kista di batang otak pada umumnya bersifat jinak atau tidak berbahaya. Jinak juga berarti kista tersebut tidak akan menyebar ke bagian tubuh lain.

Menurut laman Saint Luke's, kista di batang otak biasanya berisi cairan serebrospinal (CSF) yang mana biasanya cairan tersebut ada di sumsum tulang belakang. Pada kebanyakan kasus, kista di batang otak mulai tumbuh sebelum bayi dilahirkan.

Sarwendah

Meski terkesan tidak berbahaya, keberadaan kista di batang otak bisa menekan jaringan otak dan ini menyebabkan beberapa gejala seperti sakit kepala, masalah penglihatan, ataupun rasa mual yang berlebih.

Kalau gejala-gejala tersebut menetap dan membuat seseorang susah beraktivitas, tim medis biasanya menyarankan untuk mengangkat kista tersebut dengan proses pembedahan.

"Jika kista berukuran kecil dan tidak tumbuh di banyak lokasi, serta tidak menyebabkan gejala, tim medis mungkin menyarankan Anda untuk sekadar memantau kista tersebut daripada operasi," terang laporan kesehatan tersebut, dikutip MNC Portal, Rabu (20/7/2022).

BACA JUGA : Tumbuh Kista di Batang Otak Sarwendah, Baca Ini Agar Paham!

BACA JUGA : Sempat Dirahasiakan, Ruben Onsu Akhirnya Ungkap Penyakit Sarwendah

Menjadi pertanyaan sekarang, kenapa seseorang bisa mengalami pertumbuhan kista di batang otak?

Pada kebanyakan kasus, kista di batang otak terbentuk pada beberapa minggu pertama ketika janin tumbuh di dalam rahim. Tapi, kasus yang jarang sekali terjadi, kista bisa terbentuk karena cedera kepala atau trauma lain pada otak.

Lalu, apa saja gejala seseorang punya kista di batang otak?

Gejala akan sangat ditentukan dari letak kista tumbuh di otak. Tapi, kista yang berukuran kecil mungkin tidak menimbulkan gejala sama sekali.

Gejala yang mungkin dialami seseorang yang memiliki kista di batang otaknya antara lain:

1. Sakit kepala

2. Mual dan muntah

3. Vertigo atau pusing

4. Masalah pendengaran atau penglihatan

5. Sulit seimbang ataupun berjalan

6. Sakit di wajah

7. Kejang (tidak umum)

Jadi, begitulah kista di batang otak tumbuh. Sangat diperlukan kesadaran bagi setiap masyarakat jika mengalami masalah di atas untuk periksakan diri ke dokter. Semakin dini kista di batang otak ditemukan, akan semakin besar kemungkinan sembuhnya.

1
2