Share

Kehilangan Penglihatan, Salah Satu Gejala Empty Sella Syndrome Seperti yang Diderita Ruben Onsu

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 19 Juli 2022 17:58 WIB
$detail['images_title']
Ruben Onsu mengidap empty sella syndrome (Foto: Inst)

ARTIS Ruben Onsu akhirnya mengungkapkan penyakit apa yang dialaminya. Tak hanya bercak di bagian otak, Ruben Onsu menyebut dirinya mengidap Empty Sella Syndrome.

"Jadi kemarin aku udah MRI, salah satunya ada bercak putih di bagian otak. Kedua ada Empty Sella Syndrom," ungkap Ruben, dikutip dari sebuah acara di salah satu stasiun televisi swasta, Selasa (19/7/2022).

 Ruben Onsu

Empty Sella Syndrome sendiri merupakan kelainan langka yang berkaitan dengan bagian tengkorak yang disebut sebagai sella tursika.

Namun di sebagian kecil orang, sella tursika kurang sempurna sehingga cairan tulang belakangnya bisa bocor ke dalamnya. Penumpukan cairan tulang belakang menekan kelenjar pituitari sehingga membuat sella tursika seakan kosong. Kondisi itu disebut Empty Sella Syndrome.

Dikutip dari Wikipedia, jika ada gejala, orang dengan empty sella syndrome bisa mengalami sakit kepala dan kehilangan penglihatan. Gejala tambahan dikaitkan dengan hipopituitarisme.

Sementara itu, Ruben menjelaskan, penderita empty sella syndrome ada yang penglihatannya makin kabur, kayak orang pakai contact lens, jadi dia tak mampu lama melihat.

 BACA JUGA:Mengenal Empty Sella Syndrome, Penyakit yang Diidap Ruben Onsu

Ruben pun sering diketahui temannya meneteskan obat tetes mata agar penglihatannya aman.

(DRM)