Share

Mengenal Empty Sella Syndrome, Penyakit yang Diidap Ruben Onsu

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 19 Juli 2022 17:26 WIB
$detail['images_title']
Ruben Onsu (Foto: YouTube Melaney Ricardo)

ARTIS Ruben Onsu akhirnya mengungkapkan penyakit apa yang dialaminya. Tak hanya bercak di bagian otak, Ruben Onsu menyebut dirinya mengidap Empty Sella Syndrome.

"Jadi kemarin aku udah MRI, salah satunya ada bercak putih di bagian otak. Kedua ada Empty Sella Syndrom," ungkap Ruben, dikutip dari sebuah acara di salah satu stasiun televisi swasta, Selasa (19/7/2022).

Ruben Onsu

(Foto: YouTube Melaney Ricardo)

Dikutip dari John Hopkins Medicine, Empty Sella Syndrome terjadi jika ada pembesaran Sella Tursika, struktur tulang di mana kelenjar pituari berada di dasar otak.

Sementara dikutip dari Healthline, Empty Sella Syndrome merupakan kelainan langka yang berkaitan dengan bagian tengkorak dikenal sella turcica.

Bagian tersebut adalah lekukan di tulang sphenoid yang berada di dasar tengkorak dan memegang kelenjar pituitari.

BACA JUGA : Idap Penyakit di Otak, Ruben Onsu Khawatir Tak Bisa Saksikan Anak Tumbuh Dewasa

Penderita Empty Sella Syndrome memiliki kelenjar pituitari yang lebih kecil. Bahkan, dalam beberapa kasus kelenjar pituitari tidak muncul pada tes kesehatan.

BACA JUGA : Irfan Hakim Menangis Lihat Kondisi Ruben Onsu, Suhu Tangan Kanan dan Kiri Berbeda

Untuk tanda, biasanya Empty Sella Syndrome tidak menunjukkan gejala apapun. Tetapi, pengidap Empty Sella Syndrome sekunder bisa memiliki gejala yang berkaitan dengan kondisi yang menyebabkannya.

Biasanya, pengidap Empty Sella Syndrome merasakan sakit kepala yang berkepanjangan. Dalam beberapa kasus, kondisi ini dikaitkan dengan meningkatnya tekanan pada bagian tengkorak yang bisa menyebabkan cairan tulang belakang bocor dari hidung, pembengkakan saraf optik mata, hingga munculnya gangguan penglihatan.

(hel)