Share

Kemenkes Beberkan Kondisi 3 Pasien BA.2.75 di Indonesia, Ada yang Sudah Booster

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 19 Juli 2022 13:59 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Freepik)

KEMENTERIAN Kesehatan RI (Kemenkes) mengungkap hasil perkembangan penyelidikan tiga kasus positif BA.2.75 yang ditemukan di Bali dan DKI Jakarta.

Juru Bicara Kemenkes. dr. Mohammad Syahril, menyebut salah satu pasien BA.2.75 yang diidentifikasi di DKI Jakarta, diketahui sudah lengkap melakukan vaksinasi Covid-19 hingga dosis lanjutan ketiga alias booster.

"Satu pasien BA.2.75 di DKI Jakarta yang berusia 39 tahun sudah menerima 3 dosis atau booster vaksin Covid-19. Dia menerima 3 dosis vaksin AstraZeneca," terang dr. Syahril pada MNC Portal, Selasa (19/7/2022).

Sementara satu pasien BA.2.75 lainnya di DKI, adalah anak berusia 6 tahun dan sudah menerima 2 dosis vaksin Sinovac. Sank anak diketahui merupakan anak dari pasien berusia 39 tahun di atas.

Syahril melanjutkan, kedua pasien BA.2.75 DKI Jakarta ini mengalami gejala klinis namun tidak tidak memiliki komorbid atau penyakit penyerta.

Follow Berita Okezone di Google News

Keduanya melaporkan demam dan sakit tenggorokan," ungkap Syahril.

Sementara satu kasus BA.2.75 yang teridentifikasi di Bali, merupakan warga negara asing asal Australia dan saat ini catatan riwayat vaksinasi Covid-19 masih diselediki oleh Kemenkes,

"Dia berusia 59 tahun, riwayat vaksin masih diselidiki. Begitu juga gejala yang dialami dan komorbidnya. Semua masih dalam penyelidikan lebih lanjut," tambah dr. Syahril.

Sebelumnya pada Senin, 18 Juli lalu Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengumumkan secara resmi bahwa varian BA.2.75 sudah masuk ke Indonesia dengan teridentifikasinya tiga kasus sekaligus.

Karena itu, dia berharap sekali kepada masyarakat untuk mengetatkan kembali protokol kesehatan, termasuk pakai masker lagi. Tak hanya itu, bagi masyarakat yang belum menerima booster untuk segera mendapatkan dosis ke-3 di sentra vaksinasi terdekat.

 BACA JUGA:Menkes Minta Masyarakat Segera Booster, Cegah Masuk Rumah Sakit!

BACA JUGA:Menkes Budi Sebut Varian BA.4 dan BA.5 Punya Kemampuan 3 Kali Lipat Menembus Vaksin

1
2