Share

Berapa Kadar Kolesterol Normal Wanita?

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Selasa 19 Juli 2022 15:32 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Kadar Kolesterol pada Wanita. (Foto: Shutterstock)

BERAPA koesterol normal bagi wanita dewasa? Kolesterol adalah salah satu penyakit “the silent killer” karena bisa membunuh penderitanya kapan saja.

Meski demikian, masih banyak orang yang belum memiliki kesadaran akan kondisi ini. Menurut American Heart Association, ada sekira 76 persen wanita tidak menyadari berapa jumlah kolesterol yang mereka miliki.

Walaupun tubuh membutuhkan kolesterol, namun jika terlalu tinggi akan sangat bahaya bagi tubuh. Lantas, sebenrnya berapa kadar kolesterol normal wanita? Simak informasinya berikut ini.

Dilansir dari jurnal “Gambaran Kadar Kolesterol Total Darah Pada Pekerja Kantor” oleh Oktavia T. Waani, Murniati Tiho, dan Stefana H.M. Kaligis, kolesterol merupakan lemak netral yang diperlukan bagi sintesis senyawa-senyawa dalam tubuh. Seperti hormon dan asam kolat dalam hati.

Kolesterol

Kolesterol dibagi menjadi dua jenis, yaitu Low-density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dan High-density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

Fungsi dari keduanya pun berbeda. Jika HDL berfungsi untuk menjaga metabolisme dalam tubuh. Sedangkan LDL beresiko untuk memicu penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, stroke, hingga darah tinggi.

Adapun kadar kolesterol normal bagi wanita dewasa adalah kurang dari 70 mg/dl untuk LDL dan mendekati 50 mg/dl untuk HDL. Bukan hanya itu saja, jumlah trigliserida harus kurang dari 150 mg/dl. Jika di total semuanya harus di bawah 200 mg/dl.

Follow Berita Okezone di Google News

Maka dari itu Anda harus menaruh perhatian yang lebih pada kadar LDL Anda. Jangan biarkan LDL mencapai lebih dari 130 mg/dl. Jika Anda berada di titik ini, sebaiknya segera periksa ke dokter dan lakukan perubahan pola makan untuk menurunkan LDL.

Namun jangan khawatir. Umumnya seorang wanita justru memiliki kadar HDL yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena wanita memiliki hormon estrogen.

Jurnal “Gambaran Kadar Kolesterol Total Darah Pada Pekerja Kantor” menuliskan jika hormon estrogen pada wanita mampu mencegah munculnya plak pada arteri dengan menaikkan kadar HDL dalam tubuh. Sehingga, hormon ini berfungsi menjaga peningkatan HDL agar tetap tinggi dan menurunkan LDL.

Hal ini akan berbeda ketika seorang perempuan mengalami menopause. Ketika seorang wanita mengalami menopause, maka kadar hormon estrogen akan menurun. Tak heran jika wanita yang telah menopause beresiko terkena kolesterol tinggi.

1
2