Share

Bukan Penyakit Kelamin! Kalina Oktarani Idap ISK, Apa Itu?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 19 Juli 2022 12:34 WIB
$detail['images_title']
Kalina Oktarani idap ISK (Foto: Inst)

KALINA Oktarani sempat dituding mengidap infeksi menular seksual (IMS) oleh mantan pacarnya. Namun Kalina membantah tudingan yang dianggapnya tak berdasar itu.

Bahkan Kalina mengaku, ia sebenarnya hanya mengidap Infeksi Saluran Kemih (ISK).

 Kalina Oktarani

Nah, apa itu ISK?

ISK adalah infeksi pada sistem kemih. Jenis infeksi ini dapat melibatkan uretra (suatu kondisi yang disebut uretritis), ginjal (suatu kondisi yang disebut pielonefritis) atau kandung kemih, (suatu kondisi yang disebut sistitis).

Saat terinfeksi ISK, air seni biasanya tidak mengandung bakteri (kuman). Urine adalah produk sampingan dari sistem filtrasi ginjal. Ketika produk limbah dan kelebihan air dikeluarkan dari darah oleh ginjal, maka terbentukkah urin.

Biasanya, urin bergerak melalui sistem kemih tanpa kontaminasi. Namun, bakteri bisa masuk ke sistem kemih dari luar tubuh, menyebabkan masalah seperti infeksi dan peradangan. Ini adalah infeksi saluran kemih (ISK).

Follow Berita Okezone di Google News

Lalu apa yang menyebabkan ISK?

Infeksi saluran kemih disebabkan oleh mikroorganisme, biasanya bakteri yang masuk ke uretra dan kandung kemih, menyebabkan peradangan dan infeksi.

Meskipun ISK paling sering terjadi di uretra dan kandung kemih, bakteri juga dapat naik ke ureter dan menginfeksi ginjal. Lebih dari 90% kasus infeksi kandung kemih (sistitis) disebabkan oleh E. coli, bakteri yang biasanya ditemukan di usus.

1
2