Share

Jamaah Haji Positif Covid-19 Saat Tiba di Indonesia, Siap-siap Langsung Dikarantina 7 Hari

Kevi Laras, Jurnalis · Selasa 19 Juli 2022 12:30 WIB
$detail['images_title']
Jamaah haji asal Indonesia (Foto: Dok.Okezone)

KEMENTERIAN Kesehatan RI, terus melakukan pengecekan kesehatan bagi jamaah haji Indonesia yang tiba di Tanah Air.

Juru Bicara Kemenkes, dr. Mohammad Syahril mengatakan pemerintah setempat sudah siapkan tempat isolasi bagi para jamaah yang positif terinfeksi. Sebagai contoh, jika jamaah tiba di Jakarta, maka akan diisolasi di Wisma Atlet.

"Kalau PCR nya positif maka akan dilakukan isolasi mandiri, akan dilakukan satgas di situ pemerintah situ. Contohnya di Jakarta ya di Wisma Atlet," ujar Syahril dalam acara Siaran Sehat di kanal YouTube RRI, dikutip. Selasa (19/7/2022).

Para jamaah haji yang positif akan diisolasi selama minimal lima hari sampai tujuh hari. Sementara bagi mereka yang tidak bergejala Covid-19 atau sehat, dr. Syahril mengatakan akan segera langsung dipersiapkan kepulangannya ke daerah masing-masing.

Follow Berita Okezone di Google News

"Sekitar 5 sampai 7 hari sampai betul-betul dianggap berpotensi menularkan (sehat)," tambahnya.

Setibanya di Debarkasi, para jamaah haji Indonesia akan dilakukan pemeriksaan kesehatan. Mulai dari pengecekan suhu dan pemeriksaan gejala penyakit menular baik itu Covid-19 atau pun penyakit menular lainnya di luar Covid-19.

Apabila ada jamaah haji bergejala Covid-19 atau suhu tubuh di atas 37,5 derajat celcius maka akan dilakukan pemeriksaan PCR.

"Ketika turun dari pesawat akan dilakukan pengecekan kesehatan di Debarkasi. Nanti yang bergejala akan dilakukan pemeriksaan selanjutnya (PCR). Sementara tidak bergejala disiapkan pemulangannya," pungkas dr. Syahril

BACA JUGA:58 Jamaah Haji Indonesia Meninggal, Penyakit Jantung Mendominasi

BACA JUGA:7 Tips Cegah Penyakit Kardiovaskular Sejak Dini, Jaga Jantung Tetap Sehat

1
2