Share

Kenali Tanda-Tanda Lelah Secara Mental dan Cara Mengatasinya

Cita Zenitha, Jurnalis · Selasa 19 Juli 2022 12:32 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Kelelahan Secara Mental. (Foto: Shutterstock)

ADA tanda-tanda lelah secara mental dan cara mengatasinya yang perlu menjadi perhatian. Lelah secara mental banyak orang alami akibat terlalu over work atau bekerja dalam jangka waktu lama.

Gejala kelelahan secara mental dapat diindikasikan ketika telah beristirahat sepanjang hari tetapi tetap terasa capek. Bisa juga ketika kita tidak bisa berkonsentrasi penuh pada pekerjaan sehari-hari.

Rasa lelah secara mental ini bisa timbul akibat melakukan kegiatan kognitif secara berkesinambungan. Seseorang akan merasa lelah atau kekurangan energi dalam dirinya. Jika tidak ditangani dengan tepat keadaan seperti ini bisa menjadi semakin parah.

Menjaga kesehatan mental menjadi sangat penting. Namun sayang masih banyak orang tidak peka bahkan mengabaikan rasa kelelahan dalam dirinya. Berikut ini Okezone akan membahas tanda-tanda lelah secara mental dan cara mengatasinya. Beberapa hal ini bisa menjadi tanda bahwa seseorang sedang mengalami kelelahan secara mental:

Kelelahan secara Mental

Kehilangan Motivasi Diri

Saat berada pada posisi ini seseorang akan kehilangan minat terhadap apa yang mereka lakukan. Selain itu, seseorang tersebut akan merasa apa yang mereka lakukan tidak ada gunanya meski mereka sudah melakukannya dengan maksimal.

Sering Menangis Tanpa Alasan

Orang yang mengalami kelelahan secara mental sering menangis tanpa alasan. Mereka sering merasa sedang berada dalam situasi buruk. Perasaan dalam diri juga menjadi sangat sensitif terutama pada hal kecil sekalipun. Mereka akan kehilangan mekanisme bertahan hidup dan mengatasinya dengan cara menangis.

Mudah Sekali Tersinggung

Selain mudah menangis, seseorang yang mengalami kelelahan secara mental juga sangat mudah tersinggung. Permasalahan kecil pada kehidupannya bisa menjadi masalah besar dalam sekejap. Dengan sifat tersinggung ini membuat seseorang kesulitan mengontrol emosi.

Kelelahan Secara Fisik

Mental lemah sering kali membuat tubuh menjadi lemah pula. Keadaan mental lelah meningkatkan kelelahan secara fisik seperti gangguan tidur, sakit kepala, nyeri sendi dan nyeri otot. Bahkan pada beberapa keadaan bisa menyebabkan kurangnya nafsu makan.

Adapun beberapa cara utnuk mengatasi kelelahan secara mental, yakni:

Istirahat

Beristirahat menjadi salah satu cara meredakan masalah kesehatan mental. Mulai dari menyisakan waktu 15 menit menghirup udara segar untuk beristirahat ketika bekerja atau hanya sekedar jalan-jalan santai. Sisakan juga waktu luang pada akhir pekan untuk melakukan hobi.

Tidur Cukup

Tidur cukup delapan jam sehari dapat membantu menyegarkan otak. Mulai hari ini benahi jam tidur supaya dapat tidur tepat waktu. Lakukan kegiatan ringan sebelum tidur seperti membaca atau mendengarkan lagu pengantar tidur.

Olahraga

Selanjutnya, kelelahan mental bisa diatasi dengan cara berolahraga rutin. Luangkan waktu untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari.

Terapkan Pola Makan Sehat

Apa yang kita konsumsi memiliki dampak besar pada kehidupan kita kedepannya. Terapkan pola makan sehat dapat memperbaiki suasana hati. Baiknya melakukan diet karbohidrat dan perbanyak mengkonsumsi asam lemak omega 3.

Meminta Bantuan Profesional

Jika beberapa cara mengatasi kelelahan mental sudah dilakukan tetapi tetap tidak ada perubahan. Cobalah untuk meminta bantuan dari profesional seperti psikolog supaya mendapat terapi atau obat secara maksimal.

Itulah tanda-tanda kelelahan secara mental dan cara untuk mengatasinya. Yakinlah bahwa masalah dan kesulitan semua itu hanya sementara. Tetap semangat dan jangan menyerah.

1
2