Share

Menkes Budi Sebut Varian BA.4 dan BA.5 Punya Kemampuan 3 Kali Lipat Menembus Vaksin

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 18 Juli 2022 16:05 WIB
$detail['images_title']
Menkes Budi, (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

MENTERI Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan varian Omicron BA.4 dan BA.5 yang saat ini tengah mendominasi kenaikan kasus positif Covid-19 secara global, memiliki karateristik yang bisa mengancam kesehatan masyarakat.

Ya, bukan hanya lebih mudah menular, tapi varian BA.4 dan BA.5 ini juga punya kemampuan hingga tiga kali lipat bisa menghindari antibodi dari vaksinasi jika dibandingkan dengan varian Omicron BA.1

“Subvarian BA.4 dan BA.5 ini memiliki kemampuan vaccine infection, jadi bisa menembus vaksinasi. Dua sampai tiga kali lipat lebih efektif menembus vaksinasi," ujar Menkes Budi dalam Konferensi Pers Evaluasi PPKM, dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Negara, Senin (18/7/2022).

Kemampuan inilah, yang kurang lebih membuat pola angka kasus positif di Indonesia, disebut Menkes Budi sama dengan pola yang terjadi di India. 

"Indonesia seperti di India, karena naiknya tidak cepat tapi perlahan naik terus," tambahnya. 

Ia kemudian mengimbau agar masyarakat segera melakukan vaksinasi dosis ketiga atau booster. Sebab dengan booster, sudah terbukti mampu mengurangi dampak kesakitan buruk dari infeksi Covid-19 atau dengan kata lain meminimalisasi peluang kita dirawat di rumah sakit, apabila suatu hari nanti terinfeksi.

"Disarankan masyarakat lakukan vaksinasi booster. Booster mampu melindungi kita dari rumah sakit, tingkat fatalitasnya akan sangat rendah," tutur Menkes Budi.

“Sehingga kemungkinan untuk masyarakat terkena dan lebih tinggi walaupun yang bersangkutan sudah divaksinasi," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menkes Budi juga mengumumkan secara resmi jika subvarian baru Omicron, BA.2.75 yang pertama kali terdeteksi di India, kini sudah masuk ke Indonesia.

"Satu kasus ada di Bali dan dua kasus lainnya ditemukan di DKI Jakarta," tandas Menkes Budi.

 BACA JUGA:Ahli Epidemiologi Beberkan Karakter Varian BA.2.75, Salah Satunya 9 Kali Lipat Lebih Cepat Menyebar!

BACA JUGA:Menkes Budi: Sudah Ada 3 Kasus Varian BA.2.75 di Indonesia

1
2