Share

6 Manfaat Vitamin B1 untuk Tubuh, Ampuh Mengurangi Depresi Loh

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 18 Juli 2022 15:21 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Vitamin B1. (Foto: Shutterstock)

TUBUH memang memerlukan berbagai macam vitamin, salah satu vitamin yang penting dan tidak boleh dilewatkan asupannya adalah vitamin B1. Vitamin B1 dikenal juga dengan nama tiamin. Vitamin ini dapat membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi.

Kekurangan vitamin B1 dapat membuat kamu berisiko terkena sejumlah masalah kesehatan. Apa saja kegunaan vitamin B1 untuk tubuh kita? Berapa dosis yang dibutuhkan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini seperti dilansir dari KlikDokter.

Dijelaskan oleh dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, fungsi vitamin B1 atau tiamin adalah sebagai mediator pengubah makanan (karbohidrat) menjadi energi, serta menjaga organ seperti saraf, jantung, dan lain-lain. Nah, berikut adalah vitamin B1 lainnya sebagai berikut:

Vitamin B1

Meningkatkan Produksi Energi

Ketika gula bercampur dengan vitamin B1, zat ini dapat menjadi energi yang digunakan untuk tubuh. Vitamin B1 membantu membuat proses tersebut menjadi lebih cepat dengan mendukung enzim lainnya.


Menurunkan Efek Sepsis

Sepsis adalah respons serius tubuh terhadap infeksi. Kondisi ini dapat berujung fatal jika tubuh kekurangan jumlah vitamin B1. Vitamin B1 juga dapat mengurangi risiko gagal ginjal yang kerap disebabkan infeksi.


Membantu Mengurangi Depresi

Mengonsumsi vitamin B1 yang dibarengi dengan obat antidepresan dinilai dapat membantu mengurangi depresi. Kegunaan vitamin B1 membantu mengurangi gejala dan menstabilkan suasana hati.

Follow Berita Okezone di Google News

Mengelola Penyakit Diabetes

Jika kamu menderita diabetes, pertimbangkan untuk mengonsumsi lebih banyak tiamin. Melansir WebMD, gula darah tinggi dan kadar insulin akan membaik setelah mengonsumsi vitamin B1 selama enam minggu. Manfaat vitamin B1 juga membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan komplikasi jantung pada penderita diabetes.

Lalu, vitamin B1 dan B12 dapat membantu meredakan nyeri saraf pada penderita diabetes. Hal ini mengurangi kebutuhan untuk mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Konsultasi dulu dengan dokter penyakit dalam untuk mengetahui kebutuhan vitamin B1 yang sesuai dengan kondisi diabetes kamu.

Meminimalkan Risiko Penyakit Jantung

Tiamin penting untuk produksi asetilkolin, yang menolong tubuh mengirimkan pesan atau sinyal antara saraf dan otot. Tanpa asetilkolin, jantung tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Kekurangan B1 merupakan salah satu penyebab terjadinya masalah pada fungsi jantung.

Meningkatkan Memori

Mendapatkan cukup tiamin dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan memori. Manfaat ini dikarenakan efek positifnya pada perilaku dan fungsi otak.

1
2