Share

Cara Jaga Manfaat Operasi Bariatrik, Wajib Didukung Gaya Hidup Sehat

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 18 Juli 2022 14:20 WIB
$detail['images_title']
aktif berolahraga paska operasi bariatrik, (Foto: Freepik)

OPERASI bariatrik mendadak jadi buah bibir di berbagai pemberitaan, paska musisi senior Melly Goeslaw mengungkapkan dirinya akan melakukan operasi satu ini.

Secara umum, dikutip dari MayoClinic, operasi bariatrik adalah pembedahan melibatkan perubahan pada sistem pencernaan, biasanya dilakukan untuk membantu seseorang untuk menurunkan berat badannya.

Pilihan cara penurunan berat badan dengan operasi bariatrik, disebutkan sekarang menjadi salah satu cara paling umum yang dilakukan orang dengan obesitas.

Bisa dibilang sebagai salah satu cara instan untuk menurunkan berat badan, tapi bukan berarti paska operasi maka tubuh pasien tetap bisa ideal meski makan banyak dan tidak olahraga. Disampaikan spesialis bedah, DR. dr. Peter Ian Limas, Sp.B-KBD, faktanya orang yang sudah melakukan bedah bariatrik, tetap wajib menjaga pola gaya hidup.

" Setelah operasi bariatrik, lalu bisa duduk di sofa kemudian nonton tv sambil makan dan kurus ya tidak," ujar dr. Peter dikutip dari akun Instagram pribadinya, Senin (18/7/2022).

(Foto: Instagram @bedahbariatrik)

Follow Berita Okezone di Google News

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa tidak akan efektif, ketika seseorang menjalani proses bedah termasuk operasi bariatrik ini juka tidak menjaga kesehatannya. Ia mengingatkan, operasi bariatrik ibarat hanya sebagai alat.

"Saya memberikan alat yang sangat efektif dan berguna, tapi kalau tidak dimanfaatkan ya tidak berguna," imbuhnya.

Supaya hasil operasi bariatrik bisa dinikmati dalam jangka panjang, paska operasi orang tersebut tetap harus jaga pola makan dan aktif bergerak dengan berolahraga.

“Mesti jaga makanan terutama kadar protein dan olahraga, di mana olahraga suku modal utama kita bisa menurunkan berat badan. Dengan olahraga otot terjaga kita bisa melakukan expiniture, bisa, kita bisa menghabiskan kalori dengan hanya begerak aktif, kalori akan diserap otot-otot itu," pungkas dr. Peter.

 BACA JUGA:Apa Manfaat dari Operasi Bariatrik, Seperti yang Dilakukan Melly Goeslaw?

BACA JUGA:Apa Itu Operasi Bariatrik yang Dilakukan Melly Goeslaw?

1
2