Share

Apa Manfaat dari Operasi Bariatrik, Seperti yang Dilakukan Melly Goeslaw?

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 18 Juli 2022 08:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi tindak operasi, (Foto: Freepik)

MELALUI akun Instagram pribadinya, musisi senior Melly Goeslaw mengabarkan dirinya akan melakukan operasi bariatrik.

Secara medis, tindak operasi bariatrik ini adalah pembedahan melibatkan perubahan pada sistem pencernaan, biasanya dilakukan untuk membantu seseorang menurunkan berat badan.

Tindak operasi ini, disebutkan lebih lanjut dilakukan ketika diet dan olahraga sudah tidak berhasil atau ketika memiliki masalah kesehatan yang serius karena berat badan. Secara tujuan manfaat, utamanya adalah untuk menurunkan berat badan.

Namun bukan berarti seseorang bisa langsung punya berat badan ideal seketika. Operasi bariatrik juga harus disokong dengan diet sehat dan rajin berolahraga.

Penurunan berat badan bukan hanya manfaat secara estetika, untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, obesitas adalah penyebab utama sejumlah penyakit serius yang berpotensi mengancam nyawa. Mulai dari diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke, dan bahkan dihubungan dengan beberapa jenis kanker, contohnya kanker payudara dan kanker usus besar.

Follow Berita Okezone di Google News

Sebuah studi baru-baru ini yang dilaporkan oleh Medical News Today bahkan menyebutkan hubungan antara obesitas dengan kanker pankreas. Selain itu, kondisi obesitas juga bisa sangat merusak kualitas hidup seseorang, menghambat pergerakan aktif seseorang dan seringkali memicu depresi.

Sebagaimana tindak operasi lainnya, operasi bariatrik bukan hanya bermanfaat tapi juga hadir dengan risiko. Mengutip Mayoclinic, Senin (18/7/2022), semua bentuk operasi penurunan berat badan adalah prosedur dapat menimbulkan risiko jangka pendek dan panjang dan efek samping yang serius.

Maka dari itu, pasien harus membuat perubahan sehat permanen pada diet dan berolahraga secara teratur untuk memastikan keberhasilan operasi bariatrik ini bisa jangka panjang.

 BACA JUGA:Lucinta Luna Belajar Berdiri, Apa Risiko Operasi Tulang Ekor?

BACA JUGA:Lucinta Luna Mau Operasi Ganti Kulit, Ini Risiko Komplikasinya!

1
2