Share

Apa Itu Operasi Bariatrik yang Dilakukan Melly Goeslaw?

Senin 18 Juli 2022 07:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi tindak operasi, (Foto: Freepik)

MUSISI senior Melly Goeslaw mengabarkan dirinya sangat bersemangat melakukan operasi bariatrik. Bagi masyarakat awam, operasi bariatrik ini memang terdengar asing, tak familiar.

Apa sih sebenarnya operasi bariatrik yang dilakoni oleh Melly Goeslaw tersebut? Melansir dari Mayoclinic, Senin (18/7/2022) tindak operasi bariatrik ini adalah pembedahan melibatkan perubahan pada sistem pencernaan, biasanya dilakukan untuk membantu seseorang menurunkan berat badan.

Pilihan cara penurunan berat badan dengan operasi bariatrik, disebutkan sekarang menjadi salah satu cara paling umum yang dilakukan orang dengan obesitas. Seseorang disebut sebagai obesitas jika indeks massa tubuhnya (IMT) lebih dari 30 dan jika IMT nya ini lebih dari 40, orang tersebut dianggap mengalami obesitas berat.

Mengutip Medicalnewstoday, ada tiga prosedur operasi bariatrik utama yang banyak digunakan yakni bypass lambung, pita lambung dan gastrektomi lengan.

Operasi ini mengacu pada serangkaian prosedur penurunan berat badan yang bisa dilakukan oleh individu dengan obesitas untuk mengurangi asupan makanan sehari-hari, sehingga nanti akhirnya inilah yang memicu terjadinya penurunan berat badan.

 

(Foto: Tangkapan layar Instagram @melly_goeslaw)

Follow Berita Okezone di Google News

(rpa)