Share

Marak Obat Bius Dijual Bebas Secara Online, Dokter: Segera Ditindak, Bisa Ancam Nyawa!

Kevi Laras, Jurnalis · Minggu 17 Juli 2022 11:30 WIB
$detail['images_title']
ilustrasi pingsan, (Foto: Freepik)

OBAT bius merupakan jenis obat yang tidak boleh dikonsumsi sembarangan, apalagi dijual bebas. Namun sayangnya, penjualan obat bius bebas bisa ditemukan secara online.

Informasi terkait penjualan obat bius ini, ramai belakangan ini. Dari hasil penulusuran MNC Portal di linimasa sosial media Instagram, contoh obat bius yang dijual adalah Trivampropofol yang disebut-sebut buatan Jerman diklaim bisa membuat wanita pingsan seketika.

"Trivampropofol adalah obat bius cair yang terkenal keampuhannya sejak dulu. Produk ini menjadi solusi. Obat bius yang berbentuk cair, buatan German ini bisa bikin wanita langsung pingsan dalam beberapa menit saja (2-3 menit), “ tulis salah pembeli dari akun Instagram @obatbius****.

Adanya penjualan obat bius secara online, hal ini dinilai sangat berbahaya. Disampaikan oleh Dr. Muhammad Fajri Adda’I, dokter relawan Covid-19 dan edukator kesehatan, peredaran bebas obat bius ini harus segera ditindak lebih lanjut.

"Ini seram harus segera ditindak ini, jelas ini obat yang harus benar-benar peredaran dibatasi,” kata Dr. Fajri saat dihubungi MNC Portal, Minggu (17/7/2022). 

 

Ia menegaskan, obat bius ini pada aturannya bukan untuk pengobatan sehari-hari. Jika digunakan secara sembarangan, bisa mengancam keselamatan nyawa seseorang.

“Karena profol ini juga bisa digunakan sebagai penelitian atau hewan. Tapi bukan untuk pengobatan sehari-hari. Tapi bahaya ya, intinya bisa membius orang nggak sadar bahkan bisa kematian apabila dosisnya berlebihan," tegasnya.

Obat bius dalam medis, dikatakan oleh Dr Fajri hanya digunakan sebagai operasi. Bukan untuk pengobatan sehari-hari, sehingga perlu diawasi dengan ketat.

"Ini serius beritanya serem banget. Maksudnya, betul itu obat bius chloroform yang biasa dipakai penjahat -penjahat seperti difilm. Profol atau chloroform itu jika betul isinya, digunakan dokter anestesi kalau mau operasi dan bius besar," imbuh Dr. Fajri

Dalam kolom komentar pun juga terlihat ada yang berkomentar ingin memesan obat bius tersebut. Hal yang cukup mencolok dari unggahan ini, adanya wanita terkaya dalam keadaan selayaknya pingsan untuk meyakinkan pembeli.

Sebelumnya, masyarakat dibuat heboh dengan postingan akun Twitter milik @ciloqcilik dan Instagram @christine.rvl soal temuan 'obat bius' dijual bebas di lapak online. Namun kini riwayat unggahan terkait obat bius tidak lagi ditemukan, akun Instagram terkunci dan Twitter pun dicek tidak ada unggahan.

1
2