Share

Bayi Kembar Punya Pusar Menonjol Keluar, Kondisi Apa Itu?

Kevi Laras, Jurnalis · Minggu 17 Juli 2022 09:30 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Unsplash)

BERBAGAI kondisi di luar normal, bisa dialami oleh bayi dan anak-anak dalam masa tumbuh kembangnya.

Salah satunya seperti kondisi pusar perut yang menonjol keluar, contohnya dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @twinangels022. Video pendek yang sudah memperoleh lebih dari 143 ribu kali penayangan itu memperlihatkan dua anak kembar yang memiliki pusar perut menonjol tajam muncung keluar.

Secara medis, kondisi yang dialami anak kembar tersebut disebut dengan hernia umbilikalis. Kondisi yang sering terjadi pada bayi, tetapi juga dapat menyerang orang dewasa. Mengutip laman resmi National Health Services, hernia umbilikalis sangat umum terjadi pada bayi dan anak kecil, terutama pada bayi yang lahir prematur.

Follow Berita Okezone di Google News

Dalam kebanyakan kasus, tali pusar bayi melewati lubang kecil di antara otot-otot dinding perutnya. Hernia umbilikalis terjadi ketika lapisan dinding perut tersebut tidak menutup menyatu dengan sempurna seluruhnya. Sehingga usus atau jaringan lain dari dalam rongga perut menonjol melalui titik lemah di sekitar pusar, dikutip dari Healthline, Minggu (17/7/2022).

Namun yang harus dipahami yaitu melihat kondisi anak. Jika ada dugaan memiliki hernia umbilikalis, bicarakan dengan dokter spesialis anak. Terlebih jika anak sudah mengalami muntah-muntah, kesakitan, nyeri saat ditekan, bengkak atau perubahan warna di lokasi hernia.

Meski jarang terjadi, dikhawatirkan bisa terjadi komplikasi operasi hernia umbilikalis. Seperti adanya infeksi luka, tampak kemerahan, mengeluarkan cairan kuning dan terasa sakit atau bengkak, berdarah, pecahnya luka, hingga timbul kembali hernia umbilikalis tersebut.

BACA JUGA:Dokter: Diet Belum Tentu Harus Makan Sedikit, Lihat Kondisi Kesehatan Masing-Masing

BACA JUGA:5 Kebiasaan Buruk Penyebab Sakit Punggung, Suka Lihat Ponsel Salah Satunya

1
2