Share

Dokter Reisa: Puncak Covid-19 BA.4 dan BA.5 Diprediksi Minggu Ketiga Juli, Capai 20 Ribu Kasus

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 16 Juli 2022 09:30 WIB
$detail['images_title']
Dokter Reisa Broto Asmoro. (Foto: Tangkapan layar YouTube)

DUTA Adaptasi Kebiasaan Baru Dokter Reisa Broto Asmoro mengatakan puncak kasus covid-19 diprediksi terjadi mulai pertengahan bulan Juli. Ia mengatakan jumlah kasus di tengah puncak subvarian BA.4 dan BA.5 nanti bisa mencapai 20.000 kasus per harinya.

"Prediksi telah dilakukan oleh Kementerian Kesehatan bulan lalu, puncak kenaikan kasus covid-19 diperkirakan terjadi pada minggu ketiga atau minggu keempat bulan Juli dengan jumlah kasus diprediksi mencapai 20.000 kasus baru per harinya," ujar dr Reisa dalam konferensi pers update kasus covid-19 yang disiarkan melalui YouTube, dikutip Sabtu (16/7/2022).

Baca juga: 5 Manfaat Rutin Bangun Pagi, Bikin Kulit Sehat Salah Satunya 

Ilustrasi kasus covid-19. (Foto: Istimewa)

Baca juga: Dokter: Diet Belum Tentu Harus Makan Sedikit, Lihat Kondisi Kesehatan Masing-Masing 

Dalam kesempatan sama ia juga menyebut peningkatan jumlah kasus penderita covid-19 telah terjadi dalam beberapa waktu terakhir. Penambahan angka kasus covid-19 mencapai lebih dari 3.000 kasus dalam sehari.

"Kenaikan kasus di Indonesia memang telah terjadi selama beberapa pekan belakangan. Pada tanggal 14 Juli 2022 kemarin diketahui terdapat penambahan 3.584 kasus konfirmasi positif," sambungnya.

Menurut dr Reisa, subvarian BA.4 dan BA.5 sejauh ini menyebabkan gejala ringan. Lalu membuat sejumlah negara lainnya juga mengalami kenaikan kasus.

"Subvarian baru menyebabkan kenaikan kasus di beberapa negara di dunia. Sejauh ini menyebabkan gejala yang cukup ringan," jelasnya.

Sekadar informasi, kasus covid-19 di Indonesia mencapai 1.829 kasus untuk subvarian BA.5 saja. Bila dibandingkan kota lain, DKI Jakarta-lah paling tinggi, yakni untuk subvarian BA.4 juga sebanyak 146 kasus.

Baca juga: Jaga Kesehatan Jantung, Lakukan 5 Hal Sederhana Ini Setiap Hari 

Baca juga: Masih Punya Daging Kurban? Yuk Dibikin Empal Serundeng Kemiri ala Chef Devina Hermawan 

1
2