Share

4 Manfaat Vitamin B1 untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 15 Juli 2022 17:35 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Ibu Hamil. (Foto: Shutterstock)

KETIKA seseorang hamil, maka banyak kebutuhan akan gizin dan vitamin yang harus dipenuhi. Tiamin atau vitamin B1 adalah salah satu jenis vitamin B kompleks yang diperlukan ibu hamil untuk mendukung perkembangan janin.

Vitamin B1 bisa diperoleh dari makanan, seperti gandum utuh, beras merah, daging sapi tanpa lemak, serta kacang polong dan lentil. Untuk dapat memperoleh manfaat tiamin, dosis vitamin B1 untuk ibu hamil adalah sebanyak 1,4 miligram per hari. Berikut khasiat vitamin B1 untuk bumil seperti dilansir dari KlikDokter.

Mencegah Penyakit Beri-Beri

Penyakit beri-beri adalah masalah kesehatan akibat kekurangan asupan vitamin B1. Penyakit ini umumnya terjadi pada anak-anak usia 1‒4 tahun. Meski begitu, bumil juga bisa mengalami beri-beri. Pada bumil, penyakit beri-beri terjadi akibat mual dan muntah secara berlebihan selama proses kehamilan.

Ibu Hamil

Disampaikan dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, efek samping kekurangan vitamin B1 untuk ibu hamil yang satu ini bisa mengganggu sistem peredarah darah, bikin jantung berdebar, dan menyebabkan sesak napas. “Soalnya, fungsi vitamin B1 adalah mengubah karbohidrat menjadi energi, lalu menyalurkannya ke sel-sel tubuh yang membutuhkan,” kata dr. M. Iqbal seperti dilansir dari KlikDokter.

Ketika kekurangan energi, fungsi organ tubuh bisa bermasalah. Hal ini menyebabkan jantung, peredaran darah, dan sistem saraf terganggu. “Karena itu, ketika kekurangan asupan vitamin B1 dan mengalami penyakit beri-beri, tubuh menjadi kekurangan energi,” sambungnya.

Mendukung Perkembangan Otot Janin

Vitamin B1 dapat mendukung perkembangan otot janin. Manfaat vitamin B1 untuk ibu hamil yang satu ini utamanya dirasakan ketika usia kandungan mencapai pekan ke-37. Pada fase tersebut, organ janin sudah terbentuk sempurna.

Mendukung Perkembangan Jantung Janin

Untuk dapat bekerja dengan efisien, sistem pembuluh darah dan jantung manusia sangat bergantung dengan vitamin B1. Pasalnya, tiamin membantu produksi asetilkolin, yaitu zat yang berperan menyampaikan pesan dari saraf ke otot jantung. Alhasil, fungsi jantung tetap optimal. Atas dasar itu, vitamin B1 sangat diperlukan untuk mendukung perkembangan jantung janin.

Mendukung Perkembangan Saraf dan Otak Bayi

Manfaat vitamin B1 untuk ibu hamil 9 bulan, yaitu mendukung perkembangan saraf dan otak bayi. Thiamin bermanfaat untuk membantu perkembangan selubung mielin, yaitu lapisan pembungkus saraf. Hal ini pada gilirannya dapat mendukung konsentrasi dan ingatan si kecil di kemudian hari.

Selain itu, vitamin B1 juga mendukung koneksi antara otak dengan tubuh. Berdasarkan studi yang dimuat Current Development in Nutrition, tiamin juga berperan melindungi perkembangan otak bayi, khususnya dalam mengembangkan kemampuan bahasa seiring usia.

1
2