Share

5 Manfaat Rutin Bangun Pagi, Bikin Kulit Sehat Salah Satunya

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 16 Juli 2022 08:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Freepik)

ANDA pernah pasti pernah mendengar pepatah, ‘orang yang suka bangun pagi, rejekinya tidak akan dipatuk ayam’. Well, salah satu bentuk rejeki yang bisa didapat dari rutinitas bangun pagi ialah kesehatan.

Ya, bangun pagi sarat dengan manfaatnya untuk kesehatan, baik itu kesehatan fisik, mental, kulit hingga otak. Jadi penasaran kan sebetulnya apa saja manfaat kesehatan yang bisa kita peroleh dari rajin bangun pagi setiap hari? Melansir Healthline, Sabtu (16/7/2022) mari simak paparannya di bawah ini.

1. Kulit lebih sehat: Tidur berkualitas dan nyenyak di malam hari, sehingga bisa membuat kita segar bangun di pagi hari, berdampak pada kesehatan kulit. Tidur nyenyak membantu menjaga kesehatan kuli, karena selama tidur sel-sel kulit beregenerasi, peningkatan aliran darah dan kolagen membantu memperbaiki kerusakan kulit berkat lingkungan dan sinar UV.

2. Bantu tingkatkan konsentrasi: Otak tidak bangun langsung begitu kita bangun, itulah sebabnya kita cenderung merasa pusing dan bingung saat pertama kali bangun. Sleep inertia bagian reguler dari proses bangun. Namun, itu bisa bertahan sekitar satu jam atau lebih, sehingga lebih sulit untuk berkonsentrasi dan menyelesaikan pekerjaan jika kita bangun dan bergegas terlalu cepat. Bangun lebih pagi memberikan kita waktu untuk bangun sepenuhnya sehingga pada akhirnya otak bisa jadi lebih fokus.

3. Waktu lebih untuk diri sendiri: Ini sangat penting, apalagi jika sudah berkeluarga dan punya anak. Bangun pagi bisa memberikan waktu lebih untuk diri kita sendiri. Waktu lebih untuk sekedar minum kopi dengan tenang, atau sekedar menikmati matahari pagi.

4. Tidur yang lebih baik: Studi penelitian menunjukkan kalau orang yang suka bangun pagi cenderung akan tidur lebih awal pada malam harinya, dan bisa jadi lebih panjang mendapatkan tidur malam dan tentunya lebih berkualitas. Cukup tidur, setidaknya membuat suasana hati lebih baik, daya konsentrasi meningkat, peluang lebih rendah dari obesitas dan penyakit kronis lainnya.

5. Waktu lebih untuk sarapan: Bangun lebih awal di pagi hari memberi kita waktu ekstra untuk membuat dan menikmati sarapan yang mengenyangkan dan sehat, alih-alih sarapan seadanya atau malah melewatkan sarapan itu sendiri. Memulai hari dengan makanan bergizi bisa membuat kita jadi kenyang lebih lama, dengan lebih banyak energi untuk beraktivitas seharian.

1
2