Share

Jaga Kesehatan Jantung, Lakukan 5 Hal Sederhana Ini Setiap Hari

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 16 Juli 2022 07:00 WIB
$detail['images_title']
jaga kesehatan jantung, (Foto: Freepik)

JANTUNG merupakan salah satu organ paling vital di tubuh manusia, menjaga kesehatan organ satu ini wajib dilakukan oleh setiap orang.

Rutin olahraga dan menjalani pola diet yang baik memang bisa sangat berpengaruh dalam menjaga kesehatan jantung. Tapi selain itu, ada lagi beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

Melansir ClevealandClinic, Sabtu (16/7/2022) berikut lima hal sederhana untuk menjaga kesehatan jantung, seperti yang direkomendasikan ahli bedah kardiotoraks, Marc Gillinov, MD. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Makan lemak sehat bukan lemak trans: Lemak bukan musuk, karena kita butuh lemak dalam makanan kita, contohnya lemak jenuh dan tak jenuh ganda dan tak jenuh. Satu lemak yang tidak kita butuhkan adalah lemak trans, yang diketahui meningkatkan risiko terkena penyakit jantung atau stroke seumur hidup. Lemak trans bisa menyumbat arteri dengan cara meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL. Makanan apa sih yang kaya akan lemak trans? Contohnya makanan panggang kemasan, makanan ringan, margarin dan makanan cepat saji yang digoreng untuk menambah rasa dan tekstur.

2. Flossing gigi setiap hari: Tahukah Anda, kesehatan gigi adalah indikasi yang baik dari kesehatan seseorang secara keseluruhan, termasuk jantung. Orang yang memiliki penyakit periodontal (gusi) seringkali memiliki faktor risiko penyakit jantung yang sama. Studi banyak yang menunjukkan bahwa bakteri di mulut yang ada di dalam penyakit gusi bisa pindah ke aliran darah dan menyebabkan peningkatan protein C-reaktif, penanda peradangan di pembuluh darah. Perubahan ini lah yang akhirnya bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Maka dari itu, jangan lupa flossing dan sikat gigisetiap hari untuk menangkal penyakit gusi.

3. Tidur yang cukup: Jika seseorang kurang tidur, maka mungkin berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular. Tidak peduli usia atau kebiasaan kesehatan lainnya loh! Dari satu studi yang mengamati 3000 orang dewasa di atas usia 45 tahun, menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam per malam memiliki kemungkinan dua kali lebih besar terkena stroke atau serangan jantung dibandingkan orang yang tidur enam hingga delapan jam per malam. Jadikan tidur sebagai prioritas. Usahakan selalu dapat tidur selama tujuh hingga delapan di setiap malam.

4. Jangan duduk kelamaan: Penelitian menunjukkan bahwa duduk untuk waktu yang lama tidak baik untuk kesehatan, tidak peduli seberapa banyak Anda sudah berolahraga. Dari hasil gabungan beberapa studi observasional yang melibatkan hampir 800000 orang, para peneliti menemukan bahwa pada orang-orang yang duduk terlalu lama ada peningkatan 147 persen terkait kejadian kasus kardiovaskular dan meningkatnya 90 persen kematian yang disebabkan oleh kejadian ini. Selain itu, duduk dalam waktu lama meningkatkan risiko deep vein thrombosis, yakni pembekuan darah. Maka dari itu, sering berdiri dan rutin jalan kaki ya!

5. Hindari paparan asap rokok: Terkena asap rokok dari perokok bisa bikin kita sakit jantung. Studi menunjukkan bahwa ada 25 hingga 30 persen lebih tinggi risiko terkena penyakit jantung bagi orang yang terpapar asap rokok di rumah atau di tempat kerja. Menurut American Heart Association, paparan asap tembakau berkontribusi terhadap sekitar 34000 kematian dini akibat penyakit jantung dan 7300 kasus kematian akibat kanker paru-paru setiap tahunnya. Tipsnya, coba tegas dengan perokok bahwa Anda tidak ingin berada di sekitar asap rokok tersebut, dan jauhkan anak-anak dari perokok pasif dan aktif.

1
2