Share

Dear Ibu Menyusui, Ini 4 Cara Atasi Kolesterol Tinggi Tanpa Minum Obat

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 15 Juli 2022 18:16 WIB
$detail['images_title']
Ibu menyusui (Foto: Today)

SEMUA orang berisiko memiliki koleterol tinggi bila gaya hidup dan pola makannya tidak sehat. Termasuk kepada ibu menyusui yang berpotensi memiliki kolesterol tinggi karena peningkatan HDL selama masa kehamilan dan menyusui.

Kolesterol tinggi ini perlu segera diatasi sebelum berkembang menjadi komplikasi serius. Selain berkonsultasi dengan dokter, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai cara mengatasi kolesterol tinggi pada ibu menyusui.

Berikut langkah-langkahnya seperti dirangkum pada Jumat (15/7/2022).

Ibu Menyusui

Batasi asupan makanan lemak jenuh

Hindari makanan-makanan yang minim gizi dan mengandung banyak lemak jenuh yang tidak sehat. Hindari juga makanan-makanan yang digoreng untuk menurunkan LDL. Sebagai gantinya, pilihlah makanan dengan lemak sehat seperti kacang-kacangan, ikan, alpukat, telur, dan yogurt.

BACA JUGA : 8 Minuman untuk Ibu Menyusui, Penting bagi ASI Lho!

BACA JUGA : Busui Ragu Puasa Takut ASI Kering? Baca Penjelasan Dokter!

Makan banyak sayuran

Cara yang berikutnya yakni memperbanyak konsumsi sayuran. Sebab, sayuran tidak hanya kaya serat tetapi juga bagus untuk menjaga kadar kolesterol. Pilihlah sayuran yang juga bermanfaat untuk produksi ASI seperti bayam, brokoli, kale, dan daun katuk.

Membatasi asupan gula

Cara mengatasi kolesterol tinggi bagi menyusui yakni membatasi asupan gula. Hal ini penting untuk menurunkan trigliserida.

Olahraga teratur

Cara mengatasi kolesterol tinggi bagi ibu menyusui di urutan terakhir adalah olahraga teratur. Pilihlah olahraga yang nyaman untuk ibu menyusui seperti jalan kaki, yoga, berenang, pilates, senam kegel, dan sebagainya.

(hel)