Share

Apa Penyebab Henti Jantung Seperti yang Dialami Ivana Trump?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Sabtu 16 Juli 2022 05:10 WIB
$detail['images_title']
Ivana Trump alami henti jantung (Foto: Daily record)

IVANA Trump, mantan istri mantan Presiden AS Donald Trump meninggal dunia pada usia 73 tahun di New York. Sebelum dinyatakan meninggal ia mengalami henti jantung.

Nah, ternyata henti jantung memang kondisi yang berbahaya. Bisa membuat seseorang meninggal jika tak segera dapat pertolongan.

 Ivana

Lalu apa sih penyebab henti jantung?

Berbagai faktor bisa jadi penyebab seseorang mengalami henti jantung, sebagaimana dikutip dari Healthline, yang sudah ditinjau secara medis oleh Dr. Debra Sullivan, Ph.D., MSN, R.N., CNE, COI.

Diketahui ada dua penyebab yang diketahui sebagai penyebab paling umum pada kasus henti jantung.

1. Fibrilasi ventrikel

Ada empat ruang dalam jantung, dua ruang bawah adalah ventrikel. Pada fibrilasi ventrikel, bilik-bilik ini bergetar di luar kendali. Getaran di luar kendali ini yang membuat ritme jantung bisa berubah secara dramatis.

Kemudian ventrikel mulai memompa secara tidak efisien, yang sangat mengurangi jumlah darah yang dipompa ke seluruh tubuh. Dalam beberapa kasus, sirkulasi darah bisa saja berhenti sama sekali. Inilah yang bisa menyebabkan jantung berhenti berdetak mendadak.

2. Fibrilasi atrium

Atrium ini merupakan ruang-ruang di bagian atas jantung. Fibrilasi atrium dimulai ketika simpul sinoatrial (SA) tidak mengirimkan impuls listrik yang benar, nodus simpul sinoatrial yang ada di atrium kanan. Mereka berfungsi untuk mengatur seberapa cepat jantung memompa darah.

Nah, saat impuls listrik masuk ke fibrilasi atrium, ventrikel menjadi tidak bisa memompa darah ke tubuh secara efisien.

 BACA JUGA:Kerabat Alami Henti Jantung Seperti Ivana Trump, Jangan Buru-Buru Menyerah

Jika pasien mengalami henti jantung segera berikan pertolongan pertama sembari menunggu petugas medis datang.

(DRM)