Share

Ivana Trump Alami Henti Jantung Sebelum Meninggal, Kondisi Apa Itu?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 15 Juli 2022 11:58 WIB
$detail['images_title']
Ivana Trump alami henti jantung (Foto: ABC news)

IVANA Trump, mantan istri mentan Presiden AS Donald Trump meninggal dunia pada usia 73 tahun. Ia meninggal di rumahnya di New York.

Seperti dilansir dari ABC News, Ivana Trump bersama Donald Trump memiliki 3 anak yakni Donald Jr, Ivanka, dan Eric Trump.

 mendiang Ivana

"Ibu kami adalah orang yang sangat hebat,. Ia seorang pengusaha, atlet, dan wanita cantik, ujar keluarga Trump.

Ia meninggal dunia karena henti jantung. "Hari yang menyedihkan," ujar Eric Trump.

Lalu, apa itu kondisi henti jantung?

Dikutip dari Heart.org, kondisi henti jantung berbeda dengan serangan jantung.

Henti jantung biasanya terjadi akibat gangguan listrik di jantung yang menyebabkan hilangnya fungsi jantung, napas, dan kesadaran secara mendadak.

 BACA JUGA:Sempat Alami Henti Jantung, Akhirnya Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Dunia

Gejala utama henti jantung adalah hilangnya kesadaran dan tidak responsif. Kondisi ini bisa terjadi kepada siapapun meski tidak didiagnosis menderita sakit jantung.

Kondisi ini sangat serius karena jantung berhenti berdetak atau sering disebut kematian jantung mendadak. Sebab kondisi ini menghambat aliran oksigen ke otak dan organ penting lain di dalam tubuh.

Orang yang mengalami henti jantung sebenarnya bisa diberikan pertolongan pertama berupa cardiopulmonary resuscitation (CPR) atau resusitasi jantung paru.

Resusitasi jantung paru merupakan serangkaian tindakan untuk meningkatkan daya tahan hidup setelah terjadinya henti jantung. Tindakan ini merupakan usaha mempertahankan fungsi pernapasan dan pompa jantung untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

1
2