Share

Kasus Pertama Cacar Monyet Dilaporkan India, Pasien Balik dari Timur Tengah

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 15 Juli 2022 08:48 WIB
$detail['images_title']
Cacar monyet merebak di sejumlah negara (Foto: BBC)

KASUS cacar monyet kian mengkhawatirkan. Sebab secara bertahap kasus ditemukan di berbagai negara, terbaru ditemukan satu kasus di India.

India melaporkan kasus cacar monyet pertama yang dikonfirmasi pada Kamis. Pria berusia 35 tahun dengan riwayat perjalanan ke Timur Tengah, kata pejabat pemerintah.

 cacar monyet

Diketahui dia melakukan perjalanan dari Uni Emirat Arab ke negara bagian Kerala di India selatan pada 12 Juli. Saat ini dalam kondisi stabil dan telah diisolasi di rumah sakit.

"Dia stabil dan semua tanda vitalnya normal. Kami telah meminta semua distrik untuk waspada," kata Menteri Kesehatan negara bagian itu, Veena George dilansir Reuters, Jumat (15/7/2022).

 BACA JUGA:Singapura Temukan Kasus Cacar Monyet Lagi, Pasien Ada Ruam di Anus

Atas penemuan kasus pertama ini, George mengatakan, pihak orang tua pasien dan kontak utama lainnya telah diisolasi. Sementara 11 penumpang yang melakukan kontak dengannya, dalam penerbangan dan beberapa lainnya diberitahu untuk waspada terhadap gejala cacar monyet.

Sebelumnya pada hari Kamis, ia meminta negara bagian untuk meningkatkan pengujian dan pengawasan untuk kemungkinan infeksi cacar monyet.

"Ketika pandemi Covid-19 terus menimbulkan tantangan, sangat penting bagi kita tetap waspada tentang ancaman kesehatan masyarakat lainnya dan secara proaktif mempersiapkan diri untuk mengatasinya," kata Sekretaris Kesehatan Federal Rajesh Bhushan.

1
2