Share

4 Sayuran Penurun Gula Darah Tinggi, Punya Diabetes Perlu Konsumsi Ini

Siska Permata Sari, Jurnalis · Kamis 14 Juli 2022 21:16 WIB
$detail['images_title']
Sayuran penurun gula darah tinggi (Foto: Boldsky)

POLA makan atau diet sangat penting, termasuk bagi penderita diabetes atau pradiabetes. Asupan makanan yang sehat dapat berdampak baik untuk menjaga kadar gula darah tetap di batas normal.

Sebaiknya, hindari makanan tinggi gula tambahan dan karbohidrat olahan. Sebab, makanan-makanan tersebut dapat berkontribusi pada fluktuasi gula darah.

Sebaliknya, pilihlah makanan-makanan kaya serat seperti sayur-sayuran untuk mengoptimalkan kontrol gula darah sambil meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Nah, berikut ini sejumlah sayuran penurun gula darah seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/7/2022).

Brokoli

Brokoli

Sayuran untuk penurun gula darah yakni brokoli. Ini merupakan salah satu dari jenis sayuran non tepung yang baik untuk penderita diabetes. Tidak hanya membuat kenyang, brokoli juga penuh dengan vitamin dan mineral penting yang membantu mengatur gula darah Anda.

BACA JUGA : 10 Ciri-Ciri Gula Darah Tinggi yang Patut Anda Waspadai

Kubis

Kubis juga menjadi salah satu dari jenis sayuran non tepung. Sayuran yang satu ini tentu mengandung kaya serat dan sedikit gula yang baik untuk menjaga kadar gula darah Anda.

BACA JUGA : Kenali 10 Penyebab Gula Darah Tinggi, Kurang Tidur Berperan Besar Loh

Bayam

Kemudian ada bayam. Ini merupakan jenis sayuran hijau yang padat nutrisi. Bayam juga kaya memiliki kadar vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C inilah yang membantu mengelola diabetes pada penderita diabetes tipe 2.

Kangkung

Sama seperti bayam, kangkung juga sayuran berdaun hijau yang bermanfaat bagi kesehatan dan bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah Anda. Di samping itu, sayuran hijau juga mengandung antioksidan yang membantu melindungi mata dari komplikasi diabetes.

(hel)