Share

6 Buah Penurun Darah Tinggi, Cegah Hipertensi Secara Alami

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 14 Juli 2022 19:36 WIB
$detail['images_title']
6 Buah Penurun Darah Tinggi (Foto: Timesofindia)

6 BUAH penurun darah tinggi penting untuk Anda ketahui. Terutama bagi jika Anda memiliki masalah kesehatan hipertensi atau biasa disebut darah tinggi.

Mengonsumsi buah-buahan tertentu dapat membantu Anda menjaga tekanan darah tetap terkontrol atau menurunkannya jika sedang tinggi. Berikut 6 buah penurun darah tinggi yang dikutip dari Timesofindia, Kamis (14/7/2022).

Pisang

6 Buah Penurun Darah Tinggi

(6 Buah Penurun Darah Tinggi, Foto: Timesofindia)

Tak heran jika pisang dijuluki sebagai buah superfood. Hal ini karena buah pisang memiliki beragam manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah untuk penurun darah tinggi.

Dilansir dari buku Solusi Sehat Mengatasi Hipertensi oleh Redaksi AgroMedia, buah pisang terutama jenis ambon memiliki kandungan vitamin B6, vitamin C, Kaliaum, dan vitamin E yang tinggi. Vitamin E dan Kalium inilah yang bekerja untuk menurunkan tekanan darah.

BACA JUGA : Laju Endap Darah Tinggi Usai Dites, Apa Artinya?

Delima

Kandungan viitamin K, serat, vitamin C, dan juga folat yang tinggi pada buah ini diyakini bisa menurunkan tekanan darah dan menjaganya agar tetap stabil.

BACA JUGA : Sayuran Penurun Darah Tinggi, Pakai Bahan yang Mudah Dicari

Semangka

Buah yang paling segar dimakan pada siang hari ini ternyata kaya akan vitamin. Seperti vitamin A, vitamin C, serta kalium, kalsium, magnesium, fosfor, dan juga serat. Tak hanya itu, kandungan airnya pun banyak. Kandungan air yang banyak dan kalium ini diyakini sebagai salah satu alasan buah semangka bisa menjadi salah satu buah penurun tekanan darah.

Buah Beri

Buah-buahan beri, seperti strawberry, blueberry, blackbarry, dan lain-lain memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah vitamin c, vitamin k, serta antioksidan yang dapat mencegah tersumbatnya aliran darah dan mengurangi resiko darah tinggi.

Jeruk

Jeruk yang kaya akan vitamin C ini ternyata memiliki manfaat untuk meredakan tekanan darah. Sebab, jeruk memiliki kandungan nutrisi lain yang tak kalah tinggi dari buah lain, seperti kalium, vitamin A, folat, anti oksidan, thiamin, dan lain-lain.

Bit

Buah berwarna merah ini memiliki kandungan kalium yang tinggi sehingga cocok dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu, buah bit juga memiliki kandungan senyawa nitrat yang memiliki peran dalam pembuluh darah.

1
2