Share

Berapa Sih Rekomendasi Durasi Ideal untuk Tidur Berdasarkan Usia?

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 15 Juli 2022 08:00 WIB
$detail['images_title']
Tidur lelap dan berkualitas, (Foto: Freepik)

TIDUR bukan sekedar istirahat memejamkan mata, tapi sama halnya dengan makan, minum, dan berolahraga. Tidur merupakan aktivitas esensial bagi kesehatan seseorang, baik kesehatan fisik atau pun mental.

Bukan sekedar yang penting tidur dalam waktu yang lama, tapi tidur khususnya di malam hari juga sejatinya memang harus nyenyak dan berkualitas. Tidur nyenyak di malam hari diketahui dapat memengaruhi kesehatan kardiovaskular.

Dalam hal durasi, Ketua Departemen Kedokteran Pencegahan Northwestern Feinberg School of Medicine, Donald M. Lloyd-Jones, MD, menyebut pada orang dewasa minimal butuh mendapatkan waktu selama 7 hingga 9 jam tidur di malam hari.

Sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan kardiovaskular, mengutip Verywellhealth, Jumat (15/7/2022) para peneliti merekomendasikan untuk menyesuaikan durasi berapa lama tidur dengan masih-masing usia seseorang, yakni;

 BACA JUGA:Ingin Tidur Jauh Lebih Berkualitas? Coba Jauhi 5

BACA JUGA:4 Bahaya Tidur dengan Rambut Basah, Salah Satunya Demam!

Usia 0 hingga 1: 12 hingga 16 jam

Usia 1 hingga 2: 11 hingga 14 jam

Usia 3 hingga 5: 10 hingga 13 jam

Usia 6 hingga 12: 9 hingga 12 jam

Usia 13 hingga 18: 8 hingga 10 jam

Usia 19 tahun ke atas: 7 hingga 9 jam

Lebih lanjut, dikatakan Nicole Weinberg, MD, ahli jantung di Pusat Kesehatan Providence Saint John, kurang tidur bisa menempatkan orang pada risiko masalah jantung yang parah, contohnya serangan jantung dan stroke.

Sebagai catatan, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian secara global dan khususnya di Amerika Serikat.

1
2