Share

Gatal Akibat Kurap, Coba Obati dengan 4 Obat Alami Berikut

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 15 Juli 2022 06:07 WIB
$detail['images_title']
Gatal akibat kurap (Foto: WebMD)

ORANG yang terkena kurap biasanya tidak nyaman karena kulitnya terasa gatal akibat adanya jamur yang dikenal dengan dermatofita.

Gejala penderita kurap, kulitnya biasanya ruam-ruam, berwarna merah, terasa gatal, kadang bersisik. Patut diwaspadai juga, kurap ini merupakan penyakit menular.

Apabila Anda berkontak dengan penderita kurpa besar kemungkinan dapat tertular.

Lalu apa bahan alami untuk pengobatan kurap?

 cuka apel

1. Cuka Apel

Anda bisa mengoleskan cuka apel secara langsung tanpa dilarutkan terlebih dahulu pada area kulit yang terkena kurap menggunakan kapas. Lakukanlah langkah ini sebanyak 3 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

2. Kunyit

Siapa sangka, salah satu bumbu dapur ini dapat mengobati penyakit kurap. Hasil penelitian pada Biomed Research International, kunyit mengandung antijamur dan antiradang yang mampu menghambat pertumbuhan jamur penyebab kurap pada kulit.

Anda dapat mencampurkan bubuk kunyit dengan air atau minyak kelapa. Kemudian, aduk campuran bahan alami tersebut sampai mengental. Gunakan ramuan ini sebagai cara mengobati kurap dengan mengoleskan salep pada kulit yang terkena kurap dan diamkan hingga mengering.

3. Minyak Kelapa

Kandungan zat antijamur dan antimikroba pada minyak kelapa cukup ampuh mengatasi kurap. Caranya, hangatkan minyak kelapa di atas kompor. Oleskan minyak tersebut pada kulit yang terkena kurap.

 BACA JUGA:Malu Punya Panu, Hilangkan dengan 4 Obat Ini

4. Lidah Buaya

Tanaman dengan nama latin Aloe Vera itu memiliki zat antiseptik yang dipercaya dapat menjadi obat alami dalam mengatasi kurap. Anda bisa menggunakan gel dari lidah buaya ataupun salep yang mengandung lidah buaya langsung pada area kulit yang terinfeksi kurap sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

Follow Berita Okezone di Google News

(DRM)