Share

Sudah Melonggar, Jamaah Haji Ternyata Boleh Tak Pakai Masker di Masjid

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 14 Juli 2022 15:38 WIB
$detail['images_title']
Jamaah haji Indonesia, (Foto: Dok. Okezone)

PENERAPAN aturan terkait protokol kesehatan (prokes) sehubungan situasi pandemi Covid-19 di tiap negara memang berbeda-beda.

Indonesia contohnya, setelah diperbolehkan melepas masker di ruang terbuka beberapa waktu lalu. Kini, Presiden Joko Widodo diketahui kembali memerintahkan masyarakat Indonesia untuk kembali patuh menggunakan masker saat berada di ruang terbuka (outdoor). Mengingat angka kasus positif Covid-19 harian yang kembali melonjak.

Aturan prokes ketat terkait masker ini, ternyata tak berlaku di Arab Saudi. Disampaikan dr. Budi Sylvana, MARS, Kepala Pusat Kesehatan Haji, dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini, para jamaah termasuk jamaah Indonesia tidak lagi diwajibkan menggunakan masker saat di dalam dan luar masjid.

“Kami sampaikan bahwa kondisi Covid-19 di Arab Saudi saat ini, protokol kesehatan memang sangat longgar. Di mana jamaah tidak lagi menggunakan masker baik dalam maupun di luar masjid," kata dr. Budi dalam siaran langsung ‘Pemantauan Kesehatan Pasca Kepulangan Jamaah Haji’ dikutip dari kanal YouTube Kementerian Kesehatan, Kamis (14/7/2022).

Follow Berita Okezone di Google News

Meski demikian, dr. Budi menyebut tim promosi dan kesehatan Indonesia tetap mengimbau prokes ketat kepada para jamaah haji Indonesia.

"Tapi kita tetap mempromosikan bahwa, tetap menggunakan masker agar bisa terlindungi dari penularan," jelasnya.

Selain pelonggaran aturan terkait pemakaian masker, dr. Budi juga sempat menyinggung bahwa soal screening juga pemerintah Arab Saudi memang sudah sangat melonggarkan aturannya.

"Tetapi memang di Arab Saudi kondisinya memang sudah sangat longgar protokol kesehatannya. Di mana jemaah haji yang melakukan tes kesehatan, tidak lagi melakukan tes PCR kembali, yang bisa kita lakukan adalah mematuhi protokol kesehatan," tandasnya singkat.

1
2