Share

Besok Jamaah Haji Indonesia Mulai Dipulangkan, Kemenkes: Tidak Ada Karantina Terpusat

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 14 Juli 2022 14:44 WIB
$detail['images_title']
Jamaah haji Indonesia, (Foto: Kemenag)

PARA jamaah haji asal Indonesia dikabarkan akan mulai direncanakan pulang ke Tanah Air, dimulai esok, Jumat 15 Juli 2022.

Fase kepulangan para jamaah haji Indonesia ke Tanah Air, dimulai dengan enam kloter pertama terlebih dahulu.

“Kepulangan jemaah haji asal Indonesia direncanakan dimulai pada 15 Juli besok, dengan 6 kloter pertama atau dua hari kedepan ya," ujar Kepala Pusat Kesehatan Haji, dr. Budi Sylvana, MARS dalam siaran langsung ‘Pemantauan Kesehatan Pasca Kepulangan Jamaah Haji’ dikutip dari kanal YouTube Kementerian Kesehatan, Kamis (14/7/2022)

Dokter Budi menyampaikan, setibanya di Indonesia, para jamaah disebutkan tidak akan menjalani prosedur karantina secara terpusat. Tapi dilakukan pengawasan kesehatan di daerah asal jamaah.

“Perlu kami tegaskan kembali ke pada teman-teman media bahwa tidak ada karantina. Tidak ada karantina terpusat bagi jemaah haji Indonesia, yang ada adalah pengawasan secara mandiri di daerah masing-masing," tegasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Meski demikian, untuk memastikan kembali para kondisi kesehataan para jamaah haji yang tiba. Tetap akan dilakukan skrining kesehatan saat di bandara, dengan pengecekan suhu badan dan melihat ada atau tidaknya gejala infeksi Covid-19.

"Melakukan pengecekan suhu dengan menggunakan ternak scanner dan ternak gan. Serta tanda penyakit menular seperti Covid-19,” tambah dr. Budi

“Apabila ditemukan gejala Covid-19 atau suhu badan di atas 37,5 derajat celcius, maka akan dilakukan konfirmasi dengan tes PCR," pungkasnya.

Para jamaah yang memenuhi, lolos kualifikasi pengecekan kesehatan di bandara alias dalam kondisi sehat tersebut selanjutnya akan segera dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

 BACA JUGA:5 Kebiasaan Buruk Penyebab Sakit Punggung, Suka Lihat Ponsel Salah Satunya

BACA JUGA:Lucinta Luna Sibuk Latihan Berdiri, Berapa Lama Waktu Penyembuhan Operasi Tulang Ekor?

1
2