Share

Serangan Varian BA.4 dan BA.5 Diprediksi Akhir Juli, Kemenkes Tambah 30% Tempat Tidur RS

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 14 Juli 2022 11:54 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Freepik)

VARIAN baru BA.4 dan BA.5 memang membuat kekhawatiran tersendiri. Pasalnya, varian tersebut memang membuat kenaikan angka positif Covid-19 di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Belajar dari kasus Omicron, adanya varian baru BA.4 dan BA.5 ini pun diperkirakan akan membuat gelombang Covid-19 lagi pada pertengahan atau akhir Juli ini. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan pun melakukan antisipasi dengan menyiapkan segala fasilitas kesehatan, seperti ketersediaan bed occupancy atau tempat tidur di Rumah Sakit.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH mengatakan, Menteri Kesehatan telah mengeluarkan surat edaran terkait kesigapan Rumah Sakit. Ketersediaan lain, seperti obat-obatan dan vaksin juga telah tersedia untuk memberikan perlindungan.

"Kemudian kalau ditingkat rumah sakit menkes sudah mengeluarkan surat edaran. Agar rumah sakit sudah menyiapkan kapasitas 10-30 persen dari tempat tidurnya dipakai atau dicadangkan bagi pasien BA.4 maupun BA.5 ini," ujar dr Syahril dalam Siaran Sehat.

 

"Obat-obatan juga sudah siap kami siapkan dan vaksinasi juga," tambah dia.

Selain itu, Kemenkes bekerja sama dengan pemerintah daerah, seperti dinas kesehatan agar meningkatkan testing Covid-19. Dengan tujuan mendeteksi kasus Covid-19, agar bisa segera diisolasi ke tempat yang disediakan. Adapun fasilitas kesehatan untuk isolasi Covid-19 ada di Wisma Atlet.

"Tentu saja satu lagi bagaimana seluruh pemerintah daerah melalui dinas kesehatan agar melakukan seleksi atau testing. Agar tahu secara real berapa sih pasien Covidy dan segera diisolasi. kemudian tidak menulari yang lain," ucap dr Syahril.

Follow Berita Okezone di Google News

Dia meminta agar kewaspadaan masyarakat tetap ada di tengah pandemi Covid-19. Masyarakat bisa segera melakukan vaksinasi booster atau dosis ketiga.

"Jadi kewaspadaan kita dulu, kita ingat semua bahwa segera vaksinasi. Apa yang kita siapkan yaitu sudah siap tempat-tempat isolasi mandiri seperti wisma atlet, kemudian juga tempat yang dikelola pemerintah daerah," imbuhnya.

Sekadar informasi, Kasus positif harian Covid-19 di Indonesia per Selasa, 12 Juli 2022, menembus angka 3.361 kasus, dengan kasus aktif harian sekitar 20.000 kasus. Sementara pada Rabu 13 Juli 2022 kasus harian Covid-19 bertambah 3.822.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, angka kasus aktif ini naik empat kali lipat dari bulan lalu yang hanya mencatatkan angka sekitar 4.000 kasus aktif.

Wiku melanjutkan, positif rate mingguan juga mengalami kenaikan. Pada pekan kedua di bulan Juli, positif rate mencapai 5,12%. Di mana angka tersebut sudah melewati standar WHO yaitu 5%.

1
2