Share

Laju Endap Darah Tinggi Usai Dites, Apa Artinya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 14 Juli 2022 12:11 WIB
$detail['images_title']
Laju endap darah tinggi (Foto: Medicalnewstoday)

APA itu laju endap darah tinggi? Dalam artikel ini akan dibahas tentang apa itu laju endap darah dan kenapa bisa tinggi, simak penjelasannya. 

Mengetahui apa itu laju endap darah tinggi penting diketahui, terutama bagi orang yang memiliki masalah pada tekanan darah. Ini juga penting diketahui untuk mendiagnosis apakah Anda sakit gegara infeksi virus, bakteri, kanker, atau penyakit autoimun.

ESR Test

Erythrocyte sedimentation rate (disingkat ESR) atau yang lebih dikenal dengan tes laju endap darah atau disingkat LED, adalah jenis tes darah yang mengukur seberapa cepat eritrosit atau sel darah merah mengendap di bagian bawah tabung reaksi yang berisi sampel darah. Biasanya, sel darah merah mengendap relatif lambat.

"Jika hasil tes menunjukkan proses mengendapnya sel darah merah cepat, itu dapat mengindikasikan peradangan dalam tubuh," ungkap laporan Medlineplus, dikutip MNC Portal.

BACA JUGA : Tes Darah Versi Baru, Bisa Cek Seberapa Rentan Seseorang Terinfeksi Covid-19

Ada beberapa kemungkinan jika hasil ESR Anda tinggi, yaitu:

1. Infeksi

2. Artritis reumatoid

3. Demam rematik

4. Penyakit pembuluh darah

5. Penyakit radang usus

6. Penyakit jantung

7. Penyakit ginjal

8. Kanker tertentu

Pada kondisi ESR yang lebih lambat dari normalnya, kondisi kesehatan ini mungkin Anda alami, seperti:

1. Polisitemia

2. Anema sel sabit

3. Leukositosis atau peningkatan abnormal sel darah putih

"Jika hasil tes ESR tidak dalam kisaran normal, bukan berarti Anda memiliki kondisi medis yang memerlukan perawatan. ESR moderat dapat mengindikasikan kehamilan, menstruasi, atau anemia, daripada penyakit inflamasi," terang laporan tersebut.

Ditambahkan di sana bahwa obat-obatan dan suplemen tertentu juga dapat memengaruhi hasil Anda. Ini termasuk kontrasepsi oral, aspirin, kortison, dan vitamin A.

Pastikan untuk memberi tahu penyedia layanan kesehatan Anda tentang obat atau suplemen apa pun yang Anda pakai.

"ESR tidak secara khusus mendiagnosis penyakit apapun, tetapi dapat memberikan informasi tentang apakah ada peradangan di tubuh Anda atau tidak. Jika hasil ESR Anda tidak normal, penyedia layanan kesehatan akan memerlukan lebih banyak informasi dan kemungkinan akan memesan lebih banyak tes laboratorium sebelum membuat diagnosis," tambah laporannya.

1
2